Deretan Film Bertema Perjuangan Pahlawan RI | Breaktime
Deretan Film Bertema Perjuangan Pahlawan RI
16.08.2016

Sebentar lagi Indonesia akan berulang tahun yang ke-71. Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Banyak pahlawan yang menyumbangkan jiwa dan raganya untuk membebaskan negeri ini dari penjajah. B’timers masih ingat siapa saja pahlawan-pahlawan yang berjuang untuk memerdekakan Indonesia? Berikut ini beberapa film yang mengangkat kisah perjuangan pahlawan-pahlawan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

1.Sang Kiai (2013)

Sang Kiai merupakan film yang bercerita tentang perjuangan kaum agamis untuk mencapai kemerdekaan. Tokoh yang menjadi pahlawan tersebut adalah ulama dari pesantren Tebuireng Jombrang, Jawa Timur, yaitu Hasyim Asy’ari. Film ini telah dirilis pada Januari 2014 yang diperankan oleh Christine Hakim, Agus Kuncoro, dan Adipati Dolken.

2. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film ini mengisahkan tentang perjuangan HOS Tjokroaminoto untuk kemerdekaan RI. Film yang rilis pada April 2015 ini menceritakan suasana perjuangan Tjokroaminoto dengan organisasi Sarekat Islam yang didirikannya pada tahun 1800-an. Aktor yang berperan sebagai pahlawan asal Yogyakarta ini adalah Reza Rahadian.

3. Battle of Surabaya (2015)

Sesuai dengan judulnya, film animasi karya anak bangsa ini akan mengangkat perjuangan arek-arek Suroboyo dan TKR. Menceritakan tentang Musa, seorang remaja yang bekerja sebagai tukang semir sepatu sekaligus sebagai kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Film ini dirilis pada Agustus 2015. Beberapa artis ternama menjadi pengisi suara tokoh animasi dalam film ini, antara lain Reza Rahadian dan Maudy Ayunda.

4. Jenderal Soedirman (2015)

Film ini dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai pemeran utama, Jenderal Soedirman. Jenderal Soedirman menjadi salah satu tokoh bangsa yang sangat berperan dalam memperebutkan kemerdekaan RI.

5. Soegija (2012)

Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang tokoh pahlawan nasional Albertus Soegijapranata. Namun Garin Nugroho berhasil mengemasnya dalam sebuah film berjudul Soegija yang rilis pada Juni 2012 lalu. Film ini mengambil latar belakang Perang Kemerdekaan Indonesia dan pendirian Republik Indonesia Serikat pada periode tahun 1940 – 1949.

Itulah beberapa perjuangan pahlawan Republik Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan RI yang diangkat ke layar lebar. Semoga dengan film-film ini dapat meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia. (vpd)

Share This Article