City of Ghosts, Dokumentasi Kengerian dari Syria | Breaktime
City of Ghosts, Dokumentasi Kengerian dari Syria
04.07.2017

Setelah sebelumnya Matthew Heineman sukses membawa pulang kemenangan berkat film Cartel Land yang masuk ke nominasi Oscar, kali ini sutradara penuh bakat tersebut kembali menggemparkan dunia dengan karya terbarunya yang akan membuat seluruh mata dunia terbelalak, B’timers.

Jika dalam film sebelumnya, dia menunjukkan bagaimana ekstremnya sentuhan journalistic masterclass, pada film berjudul City of Ghosts, dia justru membawa masuk kamera bersama jurnailis heroik sendiri, B’timers. Dan hal ini membuktikan bahwa, Heineman telah membuat documenter kontemporer tentang tragedi mengerikan yang hingga detik ini terjadi di Syria.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kocaknya Spiderman:Homecoming Pantas Ditunggu

City of Ghosts adalah sebuah film dokumenter yang dibuat oleh sutradara Academy Award-nominated sekaligus Emmy-winning, Matthew Heineman. Film garapan Amerika satu ini bercerita mengenai Raqqa is Being Slaughtered Silently atau RBSS, yang berisi sekumpulan jurnalis, di mana mereka begitu berani di dalam menguak segala kengerian yang terjadi di dataran kering tersebut.

City of Ghosts, Dokumentasi Kengerian dari Syria | Breaktime
Tanpa kenal takut, mereka merekam dan terus merekam

Anda dapat menyaksikan betapa sekelompok jurnalis yang tidak lain dan tidak bukan merupakan warga setempat. Mereka tak mundur selangkahpun dan memutuskan tetap mengambil risiko besar pada saat mendokumentasikan dan merilis video yang mereka rekam, B’timers.

Tanpa kenal rasa takut sedikitpun, para jurnalis tersebut mempublish video, foto dan kesaksian tertulis mengenai kekejaman yang dilakukan oleh ISIS di atas kota asal mereka. RBSS telah mendapatkan begitu banyak pujian dari organisasi jurnalisme di seluruh dunia. Bahkan saat ditayangkan, langsung mendapat ribuan tepuk tangan yang terpukau oleh apa yang ditunjukkan di dalam film tersebut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pacu Adrenalin Setelah Puasa Bersama Baby Driver

Jangan harap Anda bakal mendapatkan efek a la Hollywood yang memberikan warna ketegangan ekstra selama pemutaran film City of Ghosts, B’timers. Sangat jelas tampak sejak terdengar tembakan pertama di belakang kepala yang Anda saksikan, semua video mereka adalah rekaman kasar yang diambil secara sembunyi-sembunyi.

City of Ghosts, Dokumentasi Kengerian dari Syria | Breaktime
Bahkan mereka harus rela mengorbankan banyak nyawa

Well, meskipun sebagian besar cerita terjadi begitu jauh dari Raqqa, karena mereka harus melarikan diri ke Turki bahkan hingga Jerman, inilah yang membuat kisah mereka terasa begitu nyata, B’timers. Tidak ada satu tempatpun yang aman untuk mereka tinggali. Misalnya saja di saat berada di Jerman, di mana mereka mendapat perlakuan yang sangat tidak hormat yang dibawa oleh kelompok anti-pengungsi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
The Big Sick, Kisah Ujian Romansa Berbeda Ras

Ada juga yang jauh lebih parah dari perlakuan yang mereka terima di negara di Benua Biru, B’timers. ISIS telah menyerukan pembunuhan terhadap para pendiri RBSS. Tidak peduli sejauh apa mereka melarikan diri. Teror yang diberikan oleh ISIS inilah yang terasa paling mengerikan bagi para jurnalis tersebut.

Pada akhir film, Anda akan dibawa ke titik yang paling mengguncang. Salah satu dari para jurnalis yang dari awal tampak begitu penuh keberanian, akhirnya mencapai trauma yang mengakibatkan dirinya tak terkendali. Akibat rasa bersalah yang menyelimutinya, dia memutuskan untuk keluar dari Raqqa, meski dia menyadari sangat mustahil untuk pergi dari kota tersebut hidup-hidup.

Setiap penonton akan menyaksikan ada begitu banyak momen menentuh yang ditunjukkan oleh masing-masing saudara sesama Muslim di dalam film. Anda bahkan tak akan sanggup membayangkan kesaksian emosional yang mengungkapkan rasa sakit yang mereka dapatkan. Mulai dari ayah salah seorang dari mereka yang ditembak di kepala, hingga saudara jauh yang harus ikut meregang nyawa.

Nah, untuk Anda yang tertarik menyaksikan film heroik satu ini, saksikan trailer di bawah ini dulu sambil menguatkan hati Anda, deh, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE