Butuh USD 110 Juta Lebih untuk Ciptakan Baju Perang Iron Man | Breaktime
Butuh USD 110 Juta Lebih untuk Ciptakan Baju Perang Iron Man
01.05.2015

Anda merupakan salah satu penggemar Iron Man dan ingin punya baju zirah ala tokoh satu ini? Pada bulan Juli 2013 lalu, sebuah website bernama Moneysupermarket pernah membuat satu infografis yang merinci biaya yang harus dikeluarkan seseorang apabila ingin memiliki baju besi sekaligus markas ala Iron Man.

Dari infografis tersebut, perkiraan total dana yang dibutuhkan adalah USD 10 miliar lebih atau sekitar Rp 130 triliun lebih (dengan kurs USD 1 = Rp 12.955). Tentunya bukan harga yang terbilang murah, hanya untuk membuat B’timers menjadi seorang Tony Stark dengan markas yang hi-tech, segudang peralatan canggih, dan baju tempur di dalamnya.

Bagian atas baju Iron Man

Dibutuhkan dana sekitar USD 54,1 juta atau sekitar Rp 700 miliar lebih untuk membuat sebuah helm berteknologi tinggi yang dapat memunculkan hologram dan panel-panel yang dapat dikontrol melalui suara serta sensor mata. Selain itu, helm canggih tersebut juga dapat memunculkan berbagai macam informasi yang sebenarnya hanya bisa diakses sebagai perangkat komputer.

Bagian tengah baju Iron Man

Untuk membuat allerons atau kemudi guling yang terdapat di bahu belakang dengan fungsi sebagai sirkulasi udara, dibutuhkan dana sebesar USD 2 juta. Sedangkan tempat untuk menyimpan senjata yang terdapat di bagian bahu membutuhkan dana sebesar USD 400 ribu. Art reactor nuclear yang terletak di bagian dada tengah membutuhkan dana sebesar USD 36 juta. 

Peluncur roket anti-tank yang terletak di lengan membutuhkan dana sebesar USD 1,5 juta. Senjata peluncur plasma sekaligus sebagai pendorong atau jet ketika terbang yang terletak di telapak tangan dan telapak kaki juga tergolong mahal karena B’timers harus merogoh kocek sebesar USD 2 juta untuk membuatnya. Pastinya, material untuk membuat baju perang Iron Man juga tidak murah. Materialnya saja terbuat dari emas-titanium seharga USD 10 juta.

Butuh dana besar untuk menciptakan baju perang Iron Man
Butuh dana besar untuk menciptakan baju perang Iron Man

Bagian bawah baju Iron Man

Untuk bagian bawah, terdapat 2 battery packs yang terletak di pinggang dan masing-masing berharga USD 2 ribu. Pada bagian betis juga terdapat flare deployment system seharga USD 500 ribu. Untuk emmbuat sepatu Iron Man ini, dibutuhkan dana sebesar USD 3,8 juta.

Jadi apabila ditotal secara keseluruhan, hanya untuk membuat baju perang Iron Man saja, B’timers harus mengeluarkan dana lebih dari USD 110 juta atau sekitar Rp 1,42 triliun. Tertarik membuatnya?

Share This Article