Peringati Sumpah Pemuda Dengan Nonton Film? | Breaktime
B’timers, Peringati Sumpah Pemuda Dengan Nonton Film, Yuk!
28.10.2015

Bagi siswa SD, SMP, dan SMA, Hari sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober tiap tahunnya diperingati dengan melakukan upacara atau apel rutin. Pada upacara tersebut, tak ketinggalan ikrar sumpah pemuda di ucapkan dengan lantang.

“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Ikrar Sumpah pemuda tentunya membuat hati dan dada kita bergetar untuk sesaat, bukan? Terbayang betapa heroik dan beraninya aksi kaum pemuda zaman dahulu dalam memperjuangkan persatuan Tanah Air. Untuk itu, ikut merayakan sumpah pemuda dengan menonton film tak ada salahnya bukan?

Salah satu yang bisa Anda tonton adalah sebuah film pendek animasi yang berjudul Museum Sumpah Pemuda. Film animasi tersebut memiliki 3 tokoh utama, yaitu seorang guru perempuan bersama dua siswanya yang mengenakan seragam pramuka, yakni Putra dan Putri.

Meskipun sasaran utamanya adalah anak-anak di usia Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), tidak ada salahnya kita juga ikut menontonnya, kok.

Film animasi berdurasi 12 menit 45 detik tersebut, sebenarnya merupakan pengenalan Museum Sumpah Pemuda yang terletak di Jalan Kramat Raya 106. Museum Sumpah Pemuda sendiri, dulunya merupakan Gedung Indonesische Clubgebouw, tempat dimana kongres penutupan dilaksanakan.

Meskipun bertujuan untuk memperkenalkan Museum Sumpah Pemuda, film animasi ini juga membahas sedikit tentang sejarah museum dan sejarah Sumpah Pemuda, bahkan tentang lagu Indonesia Raya karya Wage Rudofl Supratman yang juga dinyanyikan saat penutupan kongres.

Film yang menarik untuk ditonton dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, bukan?

Share This Article