Bikin Video Instagram Unik dalam 15 Detik, Bukan Masalah! | Breaktime
Bikin Video Instagram Unik dalam 15 Detik, Bukan Masalah!
25.06.2015

Siapa sangka, aplikasi video untuk mobile yang diakuisisi Facebook di tahun 2012 lalu, yaitu Instagram akan menjadi sangat terkenal seperti sekarang ini. Setelah hanya menawarkan layanan edit foto vintage dengan menambahkan berbagai filter dan frame di dalamnya, di pertengahan tahun 2013 lalu, Instagram meluncurkan fitur edit video yang sebelumnya sudah dimiliki kompetitornya, Vine.

Nampaknya penggunaan fasilitas video pada Instagram ini juga tidak kalah populer dibandingkan dengan pemakaian fitur editing photo-nya. Tidak sedikit dari pengguna Instagram di suruh dunia, bahkan mungkin juga B’timers, yang dengan kreatif membuat video menggunakan aplikasi satu ini, kemudian mengunggahnya ke akun masing-masing.

Terlihat mudah, membuat video dalam 15 menit ternyata butuh ketelatenan
Terlihat mudah, membuat video dalam 15 menit ternyata butuh ketelatenan

Walaupun terkesan mudah, akan tetapi untuk membuat satu video di Instagram yang hanya memperbolehkan penggunanya merekam dengan durasi 15 detik ini, butuh kejelian. Banyak hal yang dibutuhkan untuk membuat video tersebut menjadi menarik, lebih dari sekadar rekaman gambar bergerak saja.

Untuk B’timers yang baru pertama kali mencoba membuat video Instragram, yuk simak dulu kiatnya:

  • B’timers harus menyiapkan perangkat mobile yang di dalamnya sudah terinstal aplikasi Instagram v4.0.
  • Setelah perangkat yang dibutuhkan tersedia, Anda harus menciptakan suatu konsep sebelum benar-benar melakukan perekaman. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan 15 detik yang diberlakukan oleh Instagram. Usahakan informasi dan pesan yang Anda tampilkan atau rekam tersebut singkat, padat, ringkas dan mengena pada intinya.
  • Anda juga butuh sebuah tim atau paling tidak mengerjakannya lebih dari 1 orang. Tujuannya agar dapat memangkas ‘sisi ribet’ ketika harus melakukan semuanya sendiri, walaupun menggunakan tripod atau juga tongsis.
  • Setelah merekam apa yang sudah dikonsepkan, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke ranah editing. Untuk mengedit video ini, Anda dapat langsung menambahkan fasilitas yang disediakan Instagram atau juga dapat memakai aplikasi tambahan untuk editing video yang dapat diunduh di Google Play atau iTunes App Store.
  • Ketika semua proses dilewati, B’timers tinggal mengunggahnya ke akun Instagram pribadi atau juga di jejaring sosial lainnya. Selain itu, untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu tentang pembuatan video Instagram yang menarik, Anda dapat mempelajarinya melalui tutorial-tutorial yang banyak bertebaran di internet.

Coba deh, B’timers! Dijamin Anda akan ketagihan menuangkan ide dan kreativitas dalam video 15 detik ini.

Share This Article