Film Gangster Asia terbaik terbaru dan terpopuler | Breaktime
Best Asian Gangster Movie: Kriminalitas yang “Digilai”
01.04.2015

Film Gangster Asia Terbaik 

film gangster asia terbaik
Gangster memang memiliki konotasi negatif karena berhubungan dengan sekelompok orang yang kerap melakukan tindak kriminal. Namun bukan berarti para sineas film jadi enggan membuat karya dengan tema satu ini. Justru, film bertemakan gangster memiliki kekuatan tersendiri dari plot cerita yang mendebarkan dan aksi-aksi penuh laga.

Bagi B’timers yang punya hobi menonton action movie, tentunya tidak asing lagi dengan tema-tema gangster baik yang masuk dalam kategori layak tonton atau juga yang tidak layak karena terlalu banyak memuat adegan sadis di dalamnya.

Dalam hal ini, Asia tidak kalah dengan Hollywood karena ternyata banyak juga Asian gangster movies yang digemari di berbagai belahan dunia. Berikut ini daftar film gangster Asia terbaik yang Breaktime rangkum untuk Anda:

Infernal Affairs (Hong Kong)

Internal Affairs dirilis pada 12 Desember 2002
Internal Affairs dirilis pada 12 Desember 2002

Film yang dirilis pada tahun 2002 ini bercerita tentang sepak terjang seorang polisi bernama Chan Wing-Yan (Tony Leung) dengan menyamar menjadi anggota Triad. Di waktu yang hampir sama, seorang pria Lau Kin Ming (Andy Lau) menjadi anggota baru di Triad tersebut. Tanpa disadari prestasi keduanya melejit dan masuk jajaran top elit di Triad. Film satu ini tak hanya menyuguhkan adegan kekerasan, tapi juga bercerita tentang loyalitas, kebanggaan, dan pengkhianatan.

The Raid 2: Berandal (Indonesia)

Berandal dirilis 27 Maret 2014 di Australia
Berandal dirilis 27 Maret 2014 di Australia

Menjadi sekuel dari film sebelumnya, “The Raid: Redemption”, “The Raid 2: Berandal” ini juga masih mengangkat tema gangster dengan setting di Indonesia. Bedanya dengan film yang pertama, di seri ke dua ini Gareth Evans selaku sutradara memperluas cakupan ‘peperangannya’ dengan Yakuza.

Gangs of Wasseypur (India)

Disutradarai oleh Anurag Kashyap, film ini dirilis 22 Juni 2012
Disutradarai oleh Anurag Kashyap, film ini dirilis 22 Juni 2012

Bagi B’timers yang gemar menyaksikan film Bollywood tentu akan kaget ketika menonton “Gangs of Wasseypur” ini. Film ini bertolak belakang dengan alur dan keindahan tarian India yang sering dipertontonkan di TV. Justru, banyak aksi kekerasan serta perkelahian yang dipertontonkan dalam film berdurasi 320 menit ini.

Why Don't You Play in Hell? (Jepang)

Film yang berisi banyak aksi martial art ini dirilis 28 September 2013
Film yang berisi banyak aksi martial art ini dirilis 28 September 2013

Film ini bercerita tentang pertempuran dua klan Yakuza yang dipimpin oleh Muto (Jun Kunimura) dan Jun Ikegama (Shinichi Tsutsumi). Banyak adegan sadis dan pertempuran menggunakan pedang atau senjata api diperagakan dalam “Why Don’t You Play in Hell”. Film yang diputar perdana pada tahun 2013 ini tergolong layak ditonton terbukti dari rating 7.3 di Imdb.

A Dirty Carnival (Korea)

A Dirty Carnival dirilis 15 Juni 2006 di Korea Selatan
A Dirty Carnival dirilis 15 Juni 2006 di Korea Selatan

Film yang dirilis pada tahun 2006 ini bercerita tentang seorang pria yang sudah malang melintang di dunia kriminal harus bekerja keras lagi dalam lingkup gangster untuk mendapatkan uang demi menyokong kehidupan keluarganya.

KL Gangster 2 (Malaysia)

KL Gangster 2 rilis di Malaysia 3 Oktober 2013
KL Gangster 2 rilis di Malaysia 3 Oktober 2013

Film yang dirilis pada tahun 2013 ini bercerita tentang perebutan kekuasan karena ada kelompok preman yang masuk ke kawasan pihak lainnya. Dari situlah pertempuran hebat tidak lagi dapat dihindari. KL Gangster 2 dinilai banyak pihak jauh lebih baik dan lebih menarik dibandingkan versi pertamanya yang rilis tahun bulan Juni 2011.

Di antara film-film tersebut, mana yang jadi favorit Anda, B’timers?

Share This Article