Berniat Bikin Film Sendiri? 5 Hal ini Perlu Anda Tahu! | Breaktime
Berniat Bikin Film Sendiri? 5 Hal ini Perlu Anda Tahu!
12.04.2015

Tips Bikin Film Sendiri

Film adalah salah satu hiburan yang disukai begitu banyak orang dari berbagai kalangan. Kegiatan menonton film memang santai namun seru, apalagi jika film itu bertabur bintang, memiliki alur cerita yang bagus, dan dikemas dengan setting memukau serta efek grafis yang canggih. Nah, lain halnya jika melihat dari sisi film maker, B’timers!

(Baca juga: Pan, Film Peter Pan Versi Terbaru 2015)

Berlawanan dengan para penonton yang tinggal duduk manis saja, para pembuat film harus bekerja keras untuk menciptakan karya yang layak disaksikan. But the good news is, Breaktime telah mengutip pengalaman pribadi DIY movie making dari seorang editor FMR, Catherine Tosko, dan juga beberapa tips yang diberikannya untuk sutradara dengan zero budget. Yuk, simak!

Semuanya tampak sudah beres? Jangan yakin dulu!

Mungkin Anda sudah bekerja sangat keras dan menyelesaikan film dalam beberapa hari. Akhirnya, film pun rampung dibuat. Eits, tapi belum waktunya merasa lega. Akhir pembuatan film adalah awal kerja keras lainnya, yakni mengedit film. Mengorbankan waktu dan kehidupan sosial serta jauh dari keluarga sudah menjadi resiko yang tak bisa ditolak.

Jangan pernah meminjam perlengkapan pada orang lain

Meminjam mungkin terdengar lebih murah dan praktis, tetapi tidak untuk proses pembuatan film. Misalnya Anda ingin meminjam kamera dari seorang teman, namun ternyata di hari H ia tiba-tiba membatalkannya karena alasan tertentu. Lalu mau dikemanakan semua aktor dan perlengkapan syuting yang sudah menunggu Anda hari itu? 

Hati-hati dengan ramalan cuaca!

Cuaca buruk adalah salah satu kendala saat proses pembuatan film
Cuaca buruk adalah salah satu kendala saat proses pembuatan film

Membuat film di musim hujan? Ramalan cuaca mengatakan hari ini akan cerah? Jangan percaya sepenuhnya. Karena hujan selalu bisa mengejutkan Anda dengan turun tiba-tiba di saat ramalan cuaca mengatakan hari pasti cerah. Ketika hujan turun di tengah waktu syuting, it all ends. Tak ada yang bisa dilakukan.

Tidur jadi hal yang tabu

Saat tiba waktunya mengedit film, Anda takkan punya waktu untuk tidur. Catherine berbagi pengalamannya sendiri saat ia tertidur dengan mata terbuka dan seakan bermimpi mengedit film, yang ternyata memang ia lakukan tanpa sadar! Bahkan, ia harus duduk di kursi selama 34 jam “hanya” untuk mengedit film.

Pastikan tanggal rilis film direncanakan dengan baik

Semuanya sudah benar-benar selesai! Kini tiba saat yang ditunggu, waktunya untuk merilis film Anda. Tetapi hati-hati, Anda bisa saja tiba-tiba ingin mengubah tanggalnya. Karena itulah, jangan sampai mengecewakan keluarga, teman, dan semua penonton yang sudah menanti-nanti tayangnya film Anda. Buatlah komitmen dengan diri sendiri kapan film akan benar-benar dirilis, dan patuhi itu.

Membuat film DIY memang tidak mudah, dibutuhkan fisik, tekad, serta mental yang kuat. Tapi saat melihat hasilnya nanti, B’timers pasti merasa seluruh kerja keras yang dilakukan tidaklah sia-sia.

Share This Article