Berani Nonton Film Horor Terbaik Indonesia Ini? | Breaktime
Berani Nonton 5 Film Horor Terbaik Indonesia Ini?
23.03.2016

Indonesia memang terkenal bertangan dingin dalam memproduksi film horor. Sayangnya, masyarakat justru memandang sebelah mata pada film horor Tanah Air. Bukan tanpa alasan, film seram lokal sering kali memasukkan unsur-unsur pornografi yang sebenarnya tidak relevan dengan genre yang diusung. Namun kini sineas-sineas Indonesia, terutama film horor, sudah mulai berbenah dan berkembang hingga film-filmnya berhasil menarik minat penonton dari dalam dan luar negeri. Lantas, apa saja sih, film horor terbaik Indonesia? Simak daftarnya, yuk!

Jelangkung a.k.a Uninvited (2001)

Berani Nonton Film Horor Terbaik Indonesia Ini? | Breaktime
Jelangkung dirilis pada tahun 2001

Jelangkung mengusung tema ritual mistis kuno di Tanah Air dan sukses membuat penonton bergidik ketakutan. Dirilis pada 2001, film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini memiliki tagline “Datang tak dijemput, pulang tak diantar” dan semakin terdengar menakutkan. Jelangkung berdurasi sekitar 120 menit. Kabarnya, film yang dibintangi Winky Wiryawan ini menghabiskan dana sekitar 400 juta di saat itu. Wow!

Bangsal 13 (2004)

Berani Nonton Film Horor Terbaik Indonesia Ini? | Breaktime
Berkisah tentang 2 gadis dengan kutukan

Rumah sakit memang selalu mengerikan dan mencekam di malam hari. Luna Maya dan Endhita juga mengalami hal yang sama di film Bangsal 13. Film yang disutradarai oleh Ody C Harahap ini bercerita tentang dua gadis yang tak disadari menyimpan misteri kutukan. Bangsal 13 diproduksi oleh Rexinema Multimedia Pratama pada tahun 2004 dengan panjang durasi 94 menit.

Mirror (2005)

Berani Nonton Film Horor Terbaik Indonesia Ini? | Breaktime
Mengusung cerita yang segar dan berbeda

Film horor terbaik Indonesia selanjutnya adala Mirror (2005). Film Mirror yang berdurasi 115 menit tersebut menceritakan tentang seorang gadis SMA (Nirina Zubir) yang memiliki kemampuan paranormal untuk dapat melihat kematian seseorang melalui cermin. Film yang disutradarai oleh Hanny R. Saputra ini didistribusikan oleh SinemArt di bioskop-bioskop Indonesia pada tanggal 27 Oktober 2005.

Kuntilanak a.k.a The Chanting (2006)

Berani Nonton Film Horor Terbaik Indonesia Ini? | Breaktime
Dibintangi oleh Julie Estelle

Kuntilanak dirilis pada tahun 2006. Kuntilanak disutradarai oleh Rizal Mantovani dan dibintangi oleh Julie Estelle, Evan Sanders, Ratu Felisha, Ibnu Jamil dan beberapa aktor lain. Kuntilanak berkisah tentang Samantha (Julie Estelle) yang memiliki kemampuan magis untuk memanggil kuntilanak dan akan melakukan perintahnya jika dipanggil. Film berdurasi 95 menit ini diproduksi oleh MVP Pictures dan memiliki dua sekuel yaitu Kuntilanak 2 dan Kuntilanak 3.

Rumah Dara a.k.a Macabre (2010)

Berani Nonton Film Horor Terbaik Indonesia Ini? | Breaktime
Lebih mengarah ke genre thriller

Film ini lebih tepatnya bergenre horor thriller. Pasalnya banyak adegan sadis yang dilakukan salah satu tokohnya, Dara (Shareefa Danish), yang ternyata adalah seorang kanibal. Selain Shareefa, Rumah Dara juga memilih Julie Estelle sebagai tokoh utama. Film ini disutradarai oleh Mo Brother dengan panjang durasi 95 menit.

Selain film-film di atas, pastinya masih ada film horor berkualitas terbaik yang baru diproduksi. Nah, dari 5 film horor terbaik Indonesia tersebut, mana yang berani Anda tonton sendirian? (nap)

Share This Article