Baru Digarap, Film Surat dari Praha yang Diproduseri Glenn Fredly Tuai Kontroversi! | Breaktime
Baru Digarap, Film Surat dari Praha yang Diproduseri Glenn Fredly Tuai Kontroversi!
03.08.2015

Memiliki kesamaan judul dengan sebuh kumpulan cerita karya Yusri Fajar, film Surat dari Praha yang digarap oleh Glenn Fredly sedang heboh diperbincangkan. Tidak hanya memiliki judul yang sama saja, alur cerita yang terdapat dari kumcer karya Yusri Fajar dan film garapan Glenn Fredly juga sangat mirip.

Yusri Fajar dan buku karyanya
Yusri Fajar dan buku karyanya

Usut punya usut, film yang dibintangi oleh Julia Estelle, Rio Dewanto, Tio Pakusadewo, dan Widyawati tersebut diduga menjiplak karya Yusri Fajri, cerpenis asal Malang. Film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko itu menceritakan keresahan seorang mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Rusia. Ia tak bisa kembali ke Indonesia lantaran takut dianggap terlibat dalam komunisme yang terjadi di Indonesia pada saat itu, di tahun 1965.

Tidak jauh berbeda dengan alur cerita film Surat dari Praha, cerpen karya Yusri Fajar yang jauh lebih dahulu terbit juga memiliki alur yang sama. Marwo, tokoh utama dalam cerpen tersebut, datang ke Praha di awal tahun 60-an untuk belajar Ilmu Politik di Universitas Charles Praha. Karena sedang terjadi pergolakan politik dengan Partai Komunis Indonesia, Marwo tidak berani pulang ke tanah air. Ia mengalami depresi yang sangat berat hingga ingin bunuh diri. Di tengah polemik tersebut, muncul seorang gadis bernama Pavla yang juga merupakan teman kuliah Marwo. Cerita pun berlanjut dengan romantisme yang manis antara Pavla dan Marwo.

Melihat miripnya judul dan alur cerita antara kumcer dengan film garapan Glenn, banyak sekali penikmat film Indonesia yang mempertanyakan kredibilitas sang produser. Film yang rencananya akan rilis pada Oktober mendatang, kini masih belum jelas kelanjutannya seiring adanya isu plagiarisme tersebut. Kita nantikan saja perkembangannya ya, B’timers!

Julie Estelle
Julie Estelle
Rio Dewanto
Rio Dewanto

Share This Article