Awas, 5 Film Ini Bisa Bikin Anak Trauma! | Breaktime
Awas, 5 Film Ini Bisa Bikin Anak Trauma!
07.04.2015

Film Yang Bikin Anak Trauma

B’timers, memang tak ada yang lebih membahagiakan selain melihat buah hati melewati masa kanak-kanaknya dengan ceria. Tak cuma harus memberikan perhatian dan kasih sayang yang berlimpah, jangan lupa juga untuk menyediakan sarana pendidikan dan hiburan yang berkualitas bagi si Kecil. Mulai dari mainan edukatif, buku cerita bergambar warna-warni, sampai tontonan film yang mengasyikkan bisa dijadikan alternatif untuk diberikan pada buah hati.

Ya, film merupakan salah satu sarana hiburan yang juga bisa dijadikan pembelajaran untuk anak-anak. Melalui film, seringkali anak-anak dibawa masuk ke dunia penuh fantasi dan imajinasi di mana hewan-hewan dapat berbicara, atau robot-robot hidup berdampingan dengan manusia di masa depan.

Tapi sayangnya, di antara sekian banyak film anak yang menceritakan kisah menyenangkan, rupanya ada beberapa film yang menyimpan cerita sedih tentang kehilangan seseorang yang disayangi. Dan sebenarnya, hal semacam ini bisa menimbulkan efek traumatis terutama bagi buah hati yang masih kesulitan membedakan imajinasi dan kenyataan. Yuk, simak apa saja film yang dimaksud:

  • Bambi

Film lawas garapan Walt Disney ini menceritakan seekor anak rusa bernama Bambi yang ditinggal mati oleh ibunya. Meski tak diceritakan di dalam film, hingga sekarang kematian ibu Bambilah yang langsung teringat ketika kita membahas film kartun ini.

  • Finding Nemo

Di awal film ini, ada scene yang menceritakan ibu Nemo mati karena dimangsa oleh ikan yang buas. Banyak orangtua yang mempercepat scene ini agar tak ditonton oleh anak karena terlalu tragis dan menyedihkan.

  • The Lion King

Di film ini, Simba, seekor anak singa yang masih kecil harus rela kehilangan ayahnya yang mati karena terjangan kawanan hewan buas. Bagian film yang menceritakan kematian ayah Simba sangat sedih dan mengharukan. Ditambah lagi, Simba menyalahkan dirinya atas tragedi kematian ayahnya itu.

  • Hachi: A Dog’s Tale

Diangkat dari kisah nyata, film ini bercerita tentang seekor anjing yang begitu setia dan selalu ikut ke manapun majikannya pergi. Namun suatu hari, Hachi menunggu kedatangan sang majikan yang telah meninggal hingga ia pun akhirnya mati secara menyedihkan.

  • The Land Before Time

Film kartun ini bercerita tentang kehidupan di muka bumi ketika dinosaurus masih hidup. Ada seekor dinosaurus kecil bernama Littlefoot yang harus menghadapi kenyataan setelah ibunya mati diserang dinosaurus T-rex yang kejam.

Untuk menghindari efek traumatis yang mungkin terjadi, B’timers harus lebih cermat dalam memilih film yang akan ditonton si Kecil, ya!

Share This Article