Anime Menginspirasi Film Hollywood? Ini Buktinya | Breaktime
Anime Menginspirasi Film Hollywood? Ini Buktinya
21.02.2017

Apakah Anda penggemar berat film-film Hollywood dengan seluruh efek dan suara yang berpadu begitu sempurna, B’timers? Namun satu fakta yang harus Anda percayai, jika ternyata kebanyakan film garapan Hollywood mengambil inspirasi dari film anime maupun manga, lho. Selama beberapa tahun terakhir ini, dunia perfilman Hollywood mencari ide-ide kreatif dari anime untuk memuaskan setiap penggemar film di seluruh dunia. Dan berikut ini adalah bukti anime menjadi inspirasi film Hollywood, B’timers!

Masih ingatkah Anda dengan film Inception, di mana para tokoh utama memasuki mimpi di dalam mimpi demi untuk menyelesaikan suatu misi penting? Ternyata ide dari pembuatan film yang dibintangi oleh si tampan Leonardo DiCaprio terinspirasi dari anime yang berjudul Paprika. Meski Christopher Nolan, sang sutradara tidak menjelaskannya secara langsung, namun semua terlihat bahwa dia merupakan weeb.

Dan jika Anda sama seperti kebanyakan orang yang mengira Pacific Rim mengambil inspirasi dari anime yang berjudul Neon Genesis Evangelion, Anda tidak sendirian, B’timers. Sayangnya Guillermo del Toro si sutradara menyangkal hal tersebut. Namun meskipun demikian, Anda bisa mendapati ada begitu banyak pengaruh kebudayaan Jepang yang tersirat dalam film garapan Hollywood ini. Anda percaya, B’timers?

Lain lagi dengan film Hollywood yang disutradarai oleh Wachowski bersaudara. The Matrix dikatakannya mengambil inspirasi melalui serial yang dibuat oleh Mamoru Oshii. Bahkan karena The Martix karya dua Wachowski yang dikabarkan sangat mirip dengan film inspirasinya, keduanya sampai harus meminta izin dari Mamoru Oishii terlebih dulu sebelum akhirnya mulai proses pengambilan gambar untuk The Matrix.

Film-film Hollywood tentu tak terlepas dari film dengan nuansa gelap yang mengambil tema vampir atau drakula. Dan salah satu film bertemakan drakula yang sangat populer adalah Van Helsing. Kabarnya film ini mengambil inspirasi dari novel Dracula di tahun 1987. Namun jika Anda perhatikan tokoh-tokoh yang ada di dalamnya begitu mirip dengan tokoh protagonist dari Vampire Hunter D’s, lho. Anda percaya?

Lalu bagaimana dengan Avatar dengan makhluk-makhluk berkulit biru yang harus berjuang mati-matian mengalahkan para pendatang, nih? Berhasil menarik banyak penonton sejak pertama kali ditayangkan di layar lebar, ternyata karya dari James Cameron ini mengambil inspirasi dari Princess Mononoke anime yang dibuat oleh Hayao Miyazaki, lho, B’timers. Namun tetap ada ciri khas dari sang sutradara di Avatar.

Nah, film Hollywood lain yang terinspirasi dari anime adalah karya Darren Aronofsky dengan judul Black Swan. Berhasil mendapatkan penghargaan pada tahun 2010, ternyata Black Swan terinspirasi dari anime yang berjudul Perfect Blue karya Satoshi Kon, B’timers. Di dalam film ini Anda akan dibawa ke kehidupan rumit dari seorang penari ballet. Meski berbakat, namun latar belakangnya penuh dengan cerita keras.

Meskipun memiliki jalan cerita yang hampir sama dengan Terminator, tetapi Looper menawarkan cerita yang lebih unik, B’timers. Diperankan oleh Bruce Willis dan Joseph Gordon-Levitt, ternyata film satu ini terinspirasi dari anime yang berjudul Akira. Dan di beberapa jalan ceritanya digambarkan begitu mirip dengan perjalanan sang tokoh, yaitu Tetsuo di dalam anime Akira, B’timers. Coba Anda buktikan sendiri.

Wow, ternyata meskipun dikenal dengan beragam koleksi ide-ide film yang menarik, film-film Hollywood juga mencari inspirasi dari film-film lain yang memang menarik, B’timers. Dan apabila Anda tidak terlalu percaya, coba bandingkan masing-masing anime dengan film-film Hollywood yang ada di dalam daftar di atas. Dan mungkin Anda juga dapat menemukan kemiripan yang lain. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE