Alasan Wajib Nonton Ziarah yang Wajih Diketahui | Breaktime
Alasan Wajib Nonton Ziarah yang Wajih Diketahui
23.05.2017

Cerita ini berawal mula saat Agresi Militer Belanda ke-2 yang terjadi di tahun 1948, Mbah Sri terpaksa harus terpisah dari Prawiro, suami tercintanya, B’timers. Prawiro pergi meninggalkan sang istrinya untuk ikut perang. Namun dinanti hingga berapa lama pun, Prawiro tak pernah kembali.

Sudah puluhan tahun berlalu dan Mbah Sri menjanda sejak perpisahan itu hingga masa tua datang pada wanita asli Jawa tersebut. Satu per satu sahabat baiknya meninggal dan dimakamkan di samping makam suaminya masing-masing. Itulah yang menjadi impian terakhir dari Mbah Sri.

Alasan Wajib Nonton Ziarah yang Wajih Diketahui | Breaktime
Penduduk lokal dalam Ziarah yang meraih penghargaan

Ya, Mbah Sri sangat mendambakan bersatu kembali dengan kekasih hatinya yang telah puluhan tahun dipisahkan dari sisinya. Meskipun hanya berbaring di sisi jasad suami yang telah lebih dulu menghadap Sang Kuasa. Itu menjadi pengobat rindu Mbah Sri yang selama ini dia pendam dalam.

Namun sayangnya Mbah Sri tidak mengetahui keberadaan makam sang suami. Tetapi hal tersebut tidak menjadi rintangan yang berarti bagi wanita tegar satu ini, B’timers. Pucuk dicinta ulampun tiba. Seolah langit menjawab doanya, dia dipertemukan dengan veteran yang mengaku mengenal Prawiro.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Nostalgia Ria Dengan Nobar Film Baywatch

Pada akhirnya Mbah Sri pun memutuskan untuk pergi menjelajah setiap petak tanah di dataran Jawa, di mana kemungkinan besar menjadi tempat peistirahatan terakhir dari sang suami tercinta. Selama dalam perjalanan yang dia lalui, Mbah Sri berusaha mengungkap misteri letak makam sang suami.

Dan tidak hanya karena jalan ceritanya yang penuh dengan haru dan airmata, Ziarah merupakan salah satu film yang wajib ditonton, terutama oleh generasi muda karena beberapa alasan. Beikut ini adalah alasan wajib untuk menonton Ziarah, B’timers.

BW Purba Negara, sebagai sutradara dari film satu ini mengisahkan pengalaman pada saat dia menjadi seorang relawan bencana tsunami di Aceh. Dan pengalaman tersebut yang lantas menjadi inspirasi dari dibuatnya film inspiratif. Tak butuh waktu lama, dia hanya perlu 2 tahun untuk menulis naskah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Simak Sneak Peek Pirates of The Carribean 5!

Masuknya film Ziarah ke berbagai nominasi perfilman, tentu tidak membuat penonton menduga apabila untuk memproduksi film ini, mereka hanya menggunakan peralatan sederhana, lho, B’timers. Ya, hanya berbekal kamera handycam, kamera DSLR dan kamera handphone saja! Wow, sulit dipercaya, ya?

Adalah kejutan yang cukup menggegerkan dunia perfilman baru-baru ini. Pasalnya nama Ponco Sutiyem atau yang lebih akrab disapa Mbah Ponco menjadi populer selepas dirinya meraih penghargaan. Wanita berusia 95 tahun ini berhasil masuk dalam nominasi Aktris Terbaik pada ajang ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Diary of Wimpy Kid: Keluarga Kacau Bikin Ngakak

Dan tak hanya menggunakan peralatan sederhana saja, karena di dalam proses produksi film Ziarah ini, BW Purba Negara mengungkapkan anggaran yang mereka perlukan cukup minim. Ini disiasati dengan cara bekerja sama dengan Goodworks, Hide Project Films, Limaenam Films dan Super 8mm Studio.

Selain itu, bukan hanya Mbah Ponco saja yang merupakan penduduk lokal yang menjadi pemain film di dalam Ziarah ini, lho, B’timers. Sang sutradara sengaja memberikan peran penting pada para penduduk lokal Gunung Kidul, Yogyakarta untuk ikut terlibat dalam film satu ini, B’timers.

Yang membuat Ziarah semakin unik dibandingkan dengan film-film lainnya adalah, pada saat menggelar gala premiere, mereka melakukannya dengan cara yang anti mainstream. Gala premiere dilakukan di puncak Gunung Gambar, Gunung Kidul, Yogyakarta pada 13 Mei yang lalu. Unik dan menyentuh, ya?

Untuk Anda yang belum sempat menonton Ziarah, berikut ini cuplikan trailer-nya, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE