7 Kepercayaan Yang Tersembunyi Di Film Toy Story | Breaktime
7 Kepercayaan Yang Tersembunyi Di Film Toy Story
26.03.2017

Siapa yang tak kenal dengan film animasi karya Pixar, Toy Story? Bisa dibilang ini adalah film animasi favorit anak-anak maupun orang dewasa. Film yang sering diputar ini rasanya tidak akan pernah bosan untuk dinikmati bersama keluarga. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata di balik kelucuan film animasi ini, terdapat makna tentang kepercayaan religi yang begitu mendalam. Penasaran, kan? Breaktime telah berhasil merangkumnya.

Dalam film Toy Story yang paling ikonik adalah Sheriff Woody. Ini adalah salah satu mainan favorit Andy. Nama Woody mengacu pada kayu salib Kristen dan ternyata Sheriff Woody adalah simbol Amerika Barat pada abad ke-19. Woody merepresentasikan periode dimana banyak orang Kristen evangelis bertekad untuk membangkitkan kembali spiritualitas negara.

Baca juga : MENYEBALKAN, INI 4 FILM KANIBAL TERBAIK!

Tak hanya Woody, Buzz Lightyear juga merupakan simbol kepercayaan religi. Buzz lebih menjadi simbol Scientology, terbukti dengan slogannya yang berbunyi “to infinity and beyond.” Bahkan Buzz juga mempercayai bahwa dirinya bisa terbang, ini teori yang paling jelas untuk memvisualisasikan bahwa dirinya punya kekuatan.

7 Kepercayaan Yang Tersembunyi Di Film Toy Story | Breaktime
Mainan-mainan sebagai simbol animisme

Sedangkan Jessie yang merupakan teman baru Sheriff Woody adalah contoh dari orang Kristen evangelis yang mengacu pada backsliden Christian. Jessie memiliki keyakinan seperti Woody bahwa dirinya akan menemukan keselamatan setelah ditinggalkan. Terbukti ia bergabung dengan mainan lain di rumah Andy.

Baca juga : HI! INI FAKTA MENGERIKAN DI BALIK FILM-FILM ANAK

Anda juga akan kembali menemukan kepercayaan animisme. Apakah itu? Animisme adalah kepercayaan bahwa sesuatu memiliki jiwa yang lebih mengacu pada alam dan benda mati. Animisme adalah kepercayaan kuno yang kembali ditunjukkan dalam film Toy Story. Bukti nyatanya adalah para mainan dalam film yang percaya bahwa mereka memiliki jiwa dan hidup.

7 Kepercayaan Yang Tersembunyi Di Film Toy Story | Breaktime
Mainan Sid jadi gambaran budaya Mesir

Tak hanya kepercayaan-kepercayaan yang benar, Toy Story juga menunjukkan bahwa ada kepercayaan terhadap setan. Seperti yang digambarkan secara tidak langsung pada karakter Lots-‘O-Huggin Bear. Lotso percaya bahwa ia ditinggalkan dan digantikan oleh dewa eksternalnya. Dalam film tersebut, dewa eksternalnya adalah seorang gadis kecil yang dulu begitu menyayanginya sebagai boneka beruang ungu yang menggemaskan. Sampai akhirnya Lotso menganggap bahwa dirinya adalah penguasa dan berubah menjadi sangat jahat. Mencoba untuk menghina dan membunuh mainan lain.

Baca juga : FAKTA DARI KESUKSESAN LA LA LAND PADA OSCAR 2017

Lalu, untuk karakter manusia yang ada dalam film adalah simbol Disteisme yang percaya dengan adanya Tuhan, hanya saja mereka tak tahu apakah Tuhan itu jahat atau baik. Dalam film ini, Toy Story sebagai simbol alam semesta dan nasib mainan tergantung dengan pemiliknya. Sebut saja Andy yang menjadi seorang pemilik mainan dengan kekuasaan mutlak atas nasib mainannya.

Mainan yang terakhir adalah the Mutant Toys yang ada dalam film pertama Toy Story. Sid adalah anak nakal yang mengerikan. Ia selalu mencuri mainan milik adiknya. Sid menghancurkan mainan-mainan itu dan menggabungkannya kembali menjadi bentuk mainan lain yang cenderung tidak utuh dan menyeramkan. Ini menggambarkan budaya Mesir jaman dahulu yaitu kisah tentang Seth yang dipotong-potong dan disatukan kembali oleh saudara iparnya.

Tak disangka, ya ternyata film animasi punya makna tentang religi yang begitu mendalam. Mungkin hal ini tak pernah Anda sadari sebelumnya, kan? (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE