6 Teknologi dalam Film Fiksi Hollywood yang Hadir di Dunia Nyata | Breaktime
6 Teknologi dalam Film Fiksi Hollywood yang Hadir di Dunia Nyata
11.06.2015

Apabila dibuat daftar, mungkin akan banyak film-film yang secara tidak sadar menjadi sebuah 'prediksi' untuk masa depan, seperti contohnya film bertemakan bencana alam, kekerasan sampai dengan yang berkaitan dengan kecanggihan teknologi.

Khususnya untuk film-fillm fiksi yang berhubungan dengan kecanggihan teknologi, ada beberapa film buatan Hollywood yang ternyata terbukti dan terjadi di dunia nyata. Bahkan jarak antara pembuatan film-film tersebut dan kejadian nyatanya terpaut beberapa tahun setelahnya.

Mungkin B’timers penasaran, apa saja sih film-film science fiction yang tanpa sengaja terbukti dan terjadi di dunia nyata? Berikut daftarnya:

Mission Impossible

Bila B’timers pernah melihat film Mission Impossible, ada satu scene yang memperlihatkan bahwa perangkat mobile milik Tom Cruise selalu hancur setelah digunakan untuk berkomunikasi dengan pusat.

Ternyata di dunia nyata, sebuah tim yang terdiri dari ilmuwan dan dipimpin oleh John A. Rogers memiliki rencana untuk mengembangkan sebuah teknologi penghancur diri sendiri, atau yang disebut ‘self-destruct.’

Dalam proyek ini, Rogers mengembangkan sebuah chip yang dapat langsung terurai saat bersentuhan dengan air. Apabila chip tersebut telah tercipta, maka dia dan timnya akan mengembangkan sebuah gadget atau smartphone yang akan hancur dengan sendirinya saat selesai digunakan.

Blade Runner

Film berjudul Blade Runner yang dirilis perdana pada tahun 1982 ini memperlihatkan aksi kejar-kejaran antara polisi yang menggunakan Spinner atau istilah lain dari mobil terbang. Nah, apa yang telah difilmkan di tahun 1982 tersebut kemungkinan akan menjadi nyata di masa mendatang, karena sebuah perusahaan asal Slovakia sudah mengembangkan mobil terbang sejak tahun 1989 silam.

Selain perusahaan tersebut, banyak pihak lain yang juga sudah mengembangkannya. Bahkan, sebuah perusahaan yang berbasis di Austin, Texas juga mengatakan bahwa produk mobil terbang milik mereka sudah siap untuk dipasarkan pada tahun 2017 mendatang.

Back to the Future II

Dalam film yang berjudul Back to the Future II ada banyak peralatan canggih yang datang dari masa depan dan salah satunya adalah teknologi Power Laces. Teknologi satu ini berfungsi sebagai pengikat tali secara otomatis.

Ternyata, hal tersebut sebentar lagi diperkirakan bukan hanya menjadi sebuah imajinasi sutradara saja, karena pabrikan pembuat sepatu raksasa dunia, Nike, sedang mengembangkan produk baru mereka yang memiliki sensor di bagian tumit dan berfungsi untuk menarik juga mengikatkan tali sepatunya secara otomatis.

Iron Man

Sejak muncul dalam film lepasnya, Iron Man menjadi salah satu ikon superhero yang sangat populer sekarang ini. Dalam film tersebut, banyak teknologi canggih yang diperlihatkan. Mulai dari baju armor yang menjadi kekuatan Iron Man hingga 3D Interface Command juga menjadi bumbu penghias film tersebut.

Apakah baju zirah Iron Man hanya sekadar ada di film fiksi saja? Ternyata tidak. Ada banyak pengembang dan perusahaan yang berusaha mewujudkan baju Iron Man, namun model yang dirasa paling mendekati adalah XOS2 (exos). Baju ini sedang dalam tahap pengembangan oleh departemen teknologi pertahanan Amerika bersama Raytheon Sarcos.

Minority Report

Di tahun 2002 kemarin, sebuah film fiksi yang dibintangi oleh Tom Cruise berjudul Minority Report menjadi salah satu film yang dikagumi banyak orang karena imajinasi akan teknologi yang ditampilkan dalam film tersebut sangat canggih sekali.

Baca Juga: Teknologi Masa Depan Paling Kreatif

Ternyata, apa yang ada dalam film tersebut tidak hanya sebatas fiksi atau imajinasi belaka, karena sekarang ini sudah ada beberapa teknologi sejenis yang sudah dikembangkan, bahkan ada pula yang sudah dijual di pasaran, contohnya saja Samsung SmartTV, Kinnect di Xbox 360 milik Microsoft dan lain sebagainya.

Star Trek

Memang banyak sekali penampakan teknologi canggih di film Star Trek. Namun ada satu alat yang dinamakan Medical Tricorder yang memiliki fungsi sebagai pendeteksi semua penyakit yang dialami seseorang.

Ternyata, alat tersebut telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Scanadu. Alat tersebut mampu mendiagnosis denyut jantung sampai dengan kadar oksigen dalam tubuh.

Memang terlalu naif apabila mengatakan bahwa semua film fiksi yang hadir di layar lebar adalah sebuah prediksi untuk masa depan, namun segala kemungkinan selalu ada. Benar kan, B’timers?

Share This Article