5 Film yang ‘Menggebrak’ Pendidikan Indonesia | Breaktime
5 Film yang ‘Menggebrak’ Pendidikan Indonesia
27.04.2015

Daftar Film Pendidikan Indonesia

Tentu tak diragukan lagi bahwa dunia pendidikan memberikan arti dan pengaruh yang begitu besar pada kehidupan serta jati diri B’timers selama ini, bukan? Itulah mengapa semangat inovasi dan motivasi selalu aktif mewarnai dunia pendidikan demi mencetak generasi yang lebih cerdas dan berkelas. 

(Baca juga: List Film Religi Indonesia)

Nah, kalangan insan perfilman pun tak ingin ketinggalan untuk menyuntikkan inspirasi di dunia pendidikan melalui sejumlah perilisan film inspiratif berikut ini:

Laskar Pelangi (2008)

Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, film besutan Riri Riza ini tampil memukau ketika memotret perjuangan dua orang pengajar di salah satu daerah pelosok Pulau Belitong. Berjuang bersama 10 murid yang memiliki keunikan masing-masing dan kondisi sekolah yang sangat ala kadarnya, film ini mampu tampil apik dengan semangat perjuangan, persahabatan, meraih mimpi yang menggetarkan.

Di Timur Matahari (2012)

Film besutan Ari Sihasale “Di Timur Matahari” ini juga tak kalah heroiknya dalam menceritakan anak-anak Papua yang selalu semangat menanti kedatangan seorang guru baru di sekolah mereka. Meski sang guru baru tak kunjung datang, mereka selalu semangat untuk menuntut ilmu dari berbagai orang yang ada di sekitarnya. Film berdurasi 110 menit ini juga mengemas berbagai perbedaan suku, ras, dan agama dalam sebuah kisah yang cantik.

Sokola Rimba (2013)

Diangkat dari pengalaman nyata wanita tangguh bernama Butet Manurung, film “Sokola Rimba” lahir untuk memberi arti dalam dunia pendidikan. Film ini menceritakan seorang anak rimba bernama Nyungsang Bungo yang memiliki antusias tinggi dalam belajar dan betapa ia ingin bisa mengenal baca tulis untuk melindungi tanah adat leluhurnya.

Sepatu Dahlan (2014)

Berbeda dengan film sebelumnya, film “Sepatu Dahlan” ini diangkat berdasarkan biografi Dahlan Iskan. Film besutan Benni Setiawan ini menceritakan perjuangan Dahlan untuk terus sekolah meski tak memiliki alas kaki. Meski kaki Dahlan akhirnya melepuh lantaran menempuh perjalanan sekolah yang jauh, tapi semangat mereguk ilmu tak pernah pupus hingga mengantarkannya sebagai tokoh ternama di Indonesia.

Tjokroaminoto (2015)

Berangkat dengan tema tokoh pahlawan nasional, Garin Nugroho membuat gebrakan film baru bernuansa pendidikan dengan judul “Guru Bangsa Tjokroaminoto”. Selain mengisahkan tentang perjuangan Tjokroaminoto dalam melawan penjajah, pendiri organisasi Sarekat Islam ini juga memfungsikan rumahnya untuk mendidik sejumlah generasi muda panutan bangsa, salah satunya Bapak Proklamator Indonesia, Soekarno.

Nah, dari 5 film inspiratif di dunia pendidikan tersebut, manakah yang sudah B’timers saksikan? Jangan lupa untuk selalu memupuk rasa semangat belajar dengan terus mempelajari berbagai hal-hal baru agar Anda menjadi sosok kreatif yang aktif berkarya.

Share This Article