Film Wajib Tonton untuk Didik Anak dengan Benar | Breaktime
5 Film Wajib Tonton untuk Didik Anak dengan Benar
08.02.2016

Mendidik anak agar menjadi anak yang baik memang gampang-gampang susah. bahkan orang tua yang sudah berpengalaman mengasuh anak dalam jumlah banyak pun kadang masih mengalami kesusahan. Berbagai buku tentang parenting dan konsultasi dengan ahli pun sudah dilakukan demi sang anak.
Namun, tahukah Bunda bahwa mendidik anak dengan benar juga bisa dipelajari dari film-film bertema keluarga? Lantas, apa saja sih daftar film yang bisa menginspirasi para orang tua dalam mendidik anak dengan benar? Yuk, cari tahu selengkapnya.

I Not Stupid Too (2006)

Film Wajib Tonton untuk Didik Anak dengan Benar | Breaktime
Film inspiratif ini menguras air mata

Film Singapura yang tayang pada 2006 ini benar-benar wajib ditonton para orang tua. I Not Stupid Too menceritakan dua bersaudara Tom (Shawn Lee) dan Jerry (Ashley Leong) dalam menghadapi keotoriteran orang tuanya. Sang kakak, Tom, berharap agar orang tuanya memberikan dukungan pada mimpinya. Sementara Jerry berjuang keras untuk mendapatkan waktu berkualitas dengan keluarga.
Senasib dengan Tom, Chengcai juga menghadapi masalah dengan ayahnya karena menentang cita-citanya sebagai atlet bela diri karena masa lalu kelam sang ayah. Film ini mengajarkan pada orang tua bagaimana melihat hal yang positif dari anak, bukannya yang negatif. I Not Stupid Too juga membuka mata hati para orang tua untuk mencoba menilai sesuatu dari sudut pandang anak.

Inside Out (2015)

Film Wajib Tonton untuk Didik Anak dengan Benar | Breaktime
Cocok ditonton bersama keluarga

Film animasi satu ini juga wajib ditonton para ibu dan ayah. Film garapan Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures tersebut akan menunjukkan bagaimana Anda memahami gejolak yang terjadi pada anak remaja menuju dewasa. Karakter Riley akan membawa Anda berselancar mengarungi emosi-emosi berupa kesedihan, kemarahan, kebahagiaan, rasa takut dan keegooisan yang biasa dirasakan oleh anak remaja. Dan, Anda akan mendapatkan hal yang inspiratif dari film dengan pendapatan fantastis ini.

Don’t Cry Mommy (2012)

Film Wajib Tonton untuk Didik Anak dengan Benar | Breaktime
Anak harus dijaga dari bahaya kenakalan remaja

Film produksi Korea Selatan ini mungkin adalah film parenting yang cukup tragis. Don’t Cry Mommy mengisahkan kehidupan seorang ibu yang mati-matian memperjuangkan hak anaknya sebagi korban pemerkosaan akibat kenakalan remaja. Tragisnya, depresi yang dirasakan sang anak menggiringnya untuk mengakhiri hidup. Film ini secara terus terang meminta Anda sebagai orang tua untuk mengawasi dan mengarahkan anak dalam memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

Tomboy (2011)

Film Wajib Tonton untuk Didik Anak dengan Benar | Breaktime
Jangan sampai salah pilih

Senada dengan film Don’t Cry Mommy, film Tomboy ini mengetuk hati para orang tua untuk aware terhadap perkembangan buah hati. Film Perancis ini mengisahkan seorang gadis bernama Laure yang menganggap dirinya laki-laki karena pergaulan baru. Di depan teman-temannya, Laure memperkenalkan namanya sebagai Mickäel. Film ini mengajarkan pada orang tua tentang betapa pentingnya mengawasi kehidupan anak, apalagi ketika remaja. Dukung cita-cita anak Anda namun jangan sampai salah pilih.

After Earth (2013)

Film Wajib Tonton untuk Didik Anak dengan Benar | Breaktime
Ingat, laki-laki kelak sendiri

Ini adalah film tentang ayah dan anak laki-lakinya yang dibintangi oleh Will Smith dan putranya, Jaden Smith. Film mengharukan ini menyadarkan orang tua bahwa anak laki-laki kelak akan selalu memilih jalan hidupnya sendiri. Ritme yang indah mengantarkan perjuangan Kitai Raige (Jaden Smith) bertahan hidup di tengah hutan. Film ini akan mengajarkan bagaimana orang tua harus percaya, “tega” dan yakin pada kekuatan anak.
Pada intinya, mendidik anak tidak selalu berdasarkan apa yang benar di mata orang tua. Anda sebagai orang tua pun harus melihat perkara atau sesuatu dari sudut pandang anak juga. Dengan demikian, anak merasa dibimbing dan diarahkan, bukan dituntut. Jadi, sudah siap menonton dan siap terinspirasi, B’timers?

Share This Article