5 Film Anak Bangsa Mengguncang Jagad Perfilman | Breaktime
5 Film Karya Anak Bangsa Yang Berhasil Mengguncang Jagad Perfilman
16.11.2015

Dunia perfilman Indonesia mengalami masa jatuh-bangun sebelum bisa berjaya seperti saat ini. Tapi tahukah B'timers bahwa banyak sekali karya anak bangsa yang berhasil menarik perhatian rakyat Indonesia sendiri, bahkan seluruh dunia? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Film dengan raihan Piala Citra Terbanyak: Ibunda

5 Film Anak Bangsa Mengguncang Jagad Perfilman | Breaktime
Film yang disutradarai oleh Teguh Karya ini memenangkan 9 piala citra B'timers

Sepanjang sejarah perfilman Indonesia, hanya ada satu judul film yang berhasil memenangkan 9 piala Citra. Tepatnya pada tahun 1986, acara penghargaan Festival Film Indonesia atau yang disebut juga dengan FFI memberikan anugrah 9 piala untuk film Ibunda yang disutradarai oleh Teguh Karya.

2. Film Indonesia pertama yang diminati banyak negara

5 Film Anak Bangsa Mengguncang Jagad Perfilman | Breaktime
The Raid berhasil masuk nominasi 11 film yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat

The Raid, masih ingatkah B'timers dengan film buatan Indonesia yang terkenal ini? Ya, tokoh ikonik Mad Dog yang diperankan oleh Yayan Ruhian ini berhasil mengantarkan film besutan anak bangsa tersebut terkenal di perfilman dunia. Bahkan, The Raid berhasil masuk dalam deretan 11 film yang paling banyak diputar di bioskop Amerika Serikat.

3. Film yang melibatkan konflik nyata

5 Film Anak Bangsa Mengguncang Jagad Perfilman | Breaktime
Berawal dari konflik kecil, dan ternyata film ini laku karas di tanah air

Yang dimaksud dari konflik nyata adalah konflik terang-terangan di luar skenario antara beberapa pemain. Salah satu film kontroversial yang menghebohkan jagad perfilman Tanah Air adalah Arwah Goyang Karawang. Film yang dibintangi 2 artis seksi Julia Perez dan Dewi Persik ini berhasil menyita banyak perhatian karena kasus perkelahian mereka sampai dibawa ke meja hijau B'timers.

4. Film biografi terbaik yang pernah ada

5 Film Anak Bangsa Mengguncang Jagad Perfilman | Breaktime
Film ini menggambarkan sepenuhnya kisah hidup BJ Habibie dan Ainun

Film yang diangkat dari kisah nyata salah satu presiden terkenal Indonesia, BJ Habibie ini berhasil menyita banyak perhatian masyarakat luas. Yang membuat film ini laku keras di bioskop tanah air adalah perwatakan masing-masih pemeran, lagu pengiring, serta alur cerita yang romantis.

5. Film inspirasi terbaik

5 Film Anak Bangsa Mengguncang Jagad Perfilman | Breaktime
Band terkenal Nidji bahkan menciptakan lagu khusus untuk film ini

Film Laskar Pelangi yang ditokohi oleh banyak artis kecil dengan seribu canda dan petualangan seru ini ternyata mengundang perhatian masyarakat luas. Cukup banyak pesan yang digambarkan dari kisah persahabatan dari film ini. Selain itu, lagu pengiring dari film ini juga membuat Laskar Pelangi menjadi lebih menyenangkan untuk ditonton.

Adakah di antara film tersebut yang jadi favorit B’timers? (wsu)

Share This Article