5 Film Indonesia Ini Dilarang Tayang, Kenapa? | Breaktime
5 Film Indonesia Ini Dilarang Tayang, Kenapa?
20.01.2017

Industri perfilman Indonesia saat ini memang tidak boleh dipandang sebelah mata saja. Banyak sekali film Indonesia yang mendapatkan apresiasi atau penghargaan di luar negeri. Namun, dari beberapa film Indonesia yang mendapatkan banyak pujian di negeri orang ternyata justru tak layak tayang di bioskop Indonesia.

Ada beberapa alasan yang membuat beberapa film yang sebenarnya memiliki kualitas atau alur cerita yang bagus namun tak dapat tayang di Indonesia. Salah satunya adalah memang sengaja untuk tidak ditayangkan di Indonesia oleh para sutradaranya sendiri. Itu karena mereka menyadari bahwa film tersebut akan mendapatkan banyak kecaman dari berbagai pihak apabila ditayangkan di Indonesia.

Apa saja sih film Indonesia yang tidak boleh tayang di bioskop Indonesia namun mendapatkan apresiasi di luar negeri? Sebelum mencari tahu lebih jauh tentang film-filmnya, Breaktime punya hadiah seru liburan ke Jepang. Yuk, ajak teman atau keluarga di rumah dapatkan hadiah liburan ke Jepang seru dengan KLIK DI SINI.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketahui Fakta Mengejutkan tentang The Dark Tower

Babi Buta Yang Ingin Terbang

Film yang disutradarai oleh Edwin dan dibintangi oleh Ladya Cheryl dan Pong Hardjatmo ini dirilis pada tahun 2008. Sementara di luar negeri film ini berjudul Blind Pig Who Wants To Fly.

Film garapan Edwin ini menceritakan mengenai gambaran etnis Tionghoa di Indonesia dan diwakili oleh beberapa tokoh di dalamnya. Film ini juga bercerita bagaimana seorang keturunan Tionghoa di Indonesia dan juga menyampaikan gambaran dari 8 karakter dalam film tersebut.

Ada banyak sekali penghargaan yang diraih oleh film tersebut, diantaranya Rotterdam International Film Festival 2009 (Fipresci Prize), Singapore International Film Festival 2009 (Fipresci/Netpac Award), Pusan International Film Festival 2008 (Nominated New Currents Award), Nantes Three Continets Festival 2009 (Young Audience Award), dan Jakarta International Film Festival 2009 (Best Director).

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seri Terbaru Mengharu-biru dalam Film Cars 3

Parts of The Hearth

Berkisah mengenai pria homoseksual yang tinggal di Jakarta, yaitu Peter, seorang pria yang memiliki banyak sekali konflik dalam kehidupannya. Film ini menceritakan kisah Peter mulai dari umur 10 tahun sampai dengan 40 tahun yang dibagi menjadi 8 bab. Walau tidak tayang di bioskop Indonesia film yang dirilis pada tahun 2012 ini mendapatkan bebeberapa penghargaan, salah satunya adalah Internasional Rotterdam 2012.

Something in The Way

5 Film Indonesia Ini Dilarang Tayang, Kenapa? | Breaktime
Cuplikan adegan film Something in The Way

Film ini memang sengaja untuk tidak ditayangkan di bioskop Indonesia oleh sutradaranya yaitu Teddy Soeriaatmadja. Film ini memiliki tema seksualitas, agama, dan visualisasi yang sedikit vulgar. Jadi sang sutradara memang sudah sadar bahwa filmnya akan memiliki banyak sekali cekalan apabila di tayangkan.

About A Woman

Film ini juga disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja dan juga sengaja untuk tidak ditayangkan di bioskop Indonesia, karena sang sutrada tidak ingin apabila filmnya dipotong oleh lembaga sensor film yang akhirnya akang mengurangi esensi dari film tersebut.

Sama dengan Something in the Way, film ini mengangkat tema seksualitas, agama dan, kemunafikan. Dimana bercerita mengenai janda 65 tahun dan seorang anak yang baru lulus SMA yang saling jatuh cinta.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Drama Kocak Ayah-Anak dalam Brad’s Status

The Sun, The Moon, and The Hurricane

Sang sutradara, Andri Cung memilih untuk mengangkat tema homoseksual dalam film ini. Film ini juga sengaja untuk tidak ditayangkan karena cerita yang diusung sudah pasti akan menimbulkan banyak sekali pro dan kontra di masyarakat Indonesia.

Itulah 5 film Indonesia yang tidak tayang di bioskop Indonesia namun memiliki apresiasi yang cukup tinggi di luar negeri. B’timers sudah pernah nonton filmnya atau belum, nih? Eits, tapi jangan lupa juga dengan hadiah liburan ke Jepang dari Breaktime. Cari tahu kejutan lengkapnya dengan KLIK DI SINI. (dsa)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE