5 Festival Film Bergengsi dan Paling Berpengaruh di Dunia | Breaktime
5 Festival Film Bergengsi dan Paling Berpengaruh di Dunia
07.08.2015

Salah satu pencapaian luar biasa yang diimpikan para filmmaker tentu saja memegang sebuah trofi penghargaan di dunia internasional. Nah, sebelum bermimpi lebih jauh tentang memenangkan berbagai penghargaa film, mari berkenalan terlebih dahulu dengan 5 festival film bergengsi international yang paling berpengaruh di dunia berikut ini:

Sundance film Festival

Sundance film festival diadakan setiap Januari
Sundance film festival diadakan setiap Januari

Dipelopori oleh Robert Redforf pada tahun 1978, Sundance Film Festival menjadi salah satu ajang pameran film terbaik dari seluruh penjuru dunia untuk independent film di Amerika Serikat. Pada awalnya, festival yang rutin dihelat pada bulan Januari ini hanya mewadahi berbagai independent film dalam lingkup yang sempit saja. Namun kini,  kemajuannya sangat pesat dan festival ini menjadi salah satu ajang yang sangat berpengaruh di dunia.

Cannes Film Festival

Indonesia patut berbangga. Beberapa waktu lalu, 3 karya anak bangsa yang berjudul Filosofi Kopi, The Fox Exploits The Tiger's Might, dan juga Tabula Rasa berhasil menembus festival film bergengsi sekelas Cannes. Cannes Film Festival pertama kali diadakan pada tahun 1939 dan menjadi festival yang tertua di dunia setelah Venica Film Festival.

Venice Film Festival

Dipelopori oleh Count Giuseppe Volpi pada tahun 1932 di Misurata, Venice Film Festival menjadi festival film tertua di dunia. Tak kalah pamor dengan Cannes, Festival Film Venice yang diadakan setiap akhir Agustus atau awal Sepetember ini juga sangat sangat berkelas dan berpengaruh di dunia internasional.

Berlin Internasional Film Festival

Diselenggarakan setiap bulan Februari, festival yang pertama kali diadakan pada tahun 1951 ini menampilkan film-film terbaik dari berbagai belahan dunia, termasuk juga Indonesia. Diselenggarakan di Berlin, festival ini menyiapkan Golden dan Silver Bears sebagai trofi kemenangannya.

Baca juga: 4 FILM INI SAJIKAN TEROR KENGERIAN UNTUK ANDA

New York Film Festival

New York Film Festival ini digelar kurang lebih selama 2 minggu penuh di bulan Oktober. New York festival menyuguhkan berbagai film inspiratif dari para pendatang baru. Tidak heran jika para sutradara dari seluruh dunia memantikan perhelatan yang sangat bergengsi ini.

Nah, itulah 5 jajaran festival film bergengsi dan paling berpengaruh di dunia. Semoga film Indonesia banyak yang tembus ke festival-festival tersebut ya, B’timers!

Share This Article