Fakta Menarik Sci-Fi Movie Bertema Luar Angkasa | Breaktime
5 Fakta Menarik Seputar Sci-Fi Movie Bertema Luar Angkasa
02.11.2015

B'timers pernah menonton science fiction movie bertema luar angkasa? Ya, film ini memang sangat menarik dan cocok untuk berbagai kalangan usia. Terlebih lagi, setiap adegan dalam film ini dibumbui dengan fakta-fakta ilmiah yang membuatnya terlihat seperti nyata. Akan tetapi, ada beberapa teori dalam film yang hanya fiktif belaka, seperti berikut ini:

1. Hidup bergantung pada baju astronot

Kebanyakan film fiksi ilmiah yang mengangkat tema luar angkasa selalu dibumbui efek menyeramkan seperti salah satunya adalah kematian tragis atau terserang penyakit langka akibat melepas baju astronot. Padahal yang sebenarnya adalah kulit tetap menjalankan fungsinya untuk melindungi organ tubuh manusia, meski berada di luar angkasa.

Selain itu, tubuh manusia benar-benar tidak akan mendapat dampak permanen. Akan tetapi, kulit manusia tetap memiliki batas waktu tertentu untuk bisa bertahan di ruang hampa tersebut. Paling lama kulit manusia bertahan adalah tidak lebih dari 30 detik saja.

2. Matahari berwarna

Film fiksi ilmiah atau film dengan genre lain yang melibatkan situasi luar angkasa selalu menggambarkan matahari dengan beragam warna. Ada yang menggunakan warna oranye, kuning, dan ada juga warna merah. Fakta sebenarnya adalah matahari berwarna putih karena suhunya yang teramat tinggi. Yang menjadikannya terlihat oranye, kuning, atau kemerahan adalah atmosfer pada bumi.

3. Sedikitnya satelit buatan

Tidak sedikit film yang menggambarkan bumi didampingi sedikit satelit buatan manusia. Padahal, saat ini setidaknya ada 3000 satelit buatan manusia yang mengorbit di luar angkas. Angka tersebut belum juga ditambahkan dengan 8000 objek buatan manusia yang juga ikut mengorbit di bumi.

4. Satu kerusakan mengancam roket

Di beberapa film disebutkan bahwa roket akan mengalami kehancuran atau kerusakan fatal akibat satu mesin atau satu bagian pada roket rusak. Ini tidak sepenuhnya benar, B'timers. Roket beserta pesawat ulang-alik di desain sedemikian rupa untuk mengatasi berbagai kesalahan sistem. Dibutuhkan kerusakan mendalam, misalnya saja hancurnya tangki bahan bakar untuk membuat roket tidak bisa bergerak.

Fakta Menarik Sci-Fi Movie Bertema Luar Angkasa | Breaktime
Ledakan besar ini bisa mengakibatkan kerusakan hingga menghilangkan sebuah planet

5. Ledakan di luar angkasa

Saat terjadi ledakan di luar angkasa, suara yang dihasilkan sangatlah dahsyat dan bahkan bisa membuat manusia di bumi mendengarnya. Beberapa sutradara memberikan efek-efek tersebut dalam filmnya. Apabila diliat kembali dari segi ilmu pengetahuan, api membutuhkan setidaknya oksigen yang cukup untuk tetap menyala. Untuk kasus ledakan, dibutuhkan setidaknya reaksi nulir yang besar agar terlihat seperti api yang membara. Akan tetapi, suara yang dihasilkan pun tidak akan seperti yang digambarkan dalam film. Suara merambat pada udara dan luar angkasa adalah ruang hampa, jadi kemungkinan suara ledakan terdengar di bumi sangatlah kecil.

Itulah beberapa fakta yang merujuk pada film fiksi ilmiah luar angkasa. Tapi tetap saja ya B’timers, film Sci-Fi bertema luar angkasa selalu menarik untuk dinikmati!

Share This Article