Film Terbaik Indonesia di Mata Dunia, Apa Saja? | Breaktime
4 Film Terbaik Indonesia di Mata Dunia, Apa Saja?
13.02.2016

Kita harus berbangga hati karena nama harum Indonesia yang malambung. Sineas Tanah Air telah berhasil membuahkan beberapa judul film yang dianggap berkualitas dan wajib ditonton sepanjang masa. Saking bagusnya, film-film ini bahkan disukai penikmat film dari seluruh dunia. Film apa saja, sih?

Tjoet Nja’ Dhien (1988)

Film Terbaik Indonesia di Mata Dunia, Apa Saja? | Breaktime
Ditayangkan di Cannes Film Festival

Film Tjoet Nja’ Dhien adalah film Indonesia pertama yang diputar di Cannes Film Festival. Film ini didasarkan pada kisah nyata perjuangan warga Aceh memperjuangkan kemerdekaan dari jajahan kolonial Belanda. Meski seorang wanita, Cut Nyak Dien (ejaan baru) terpilih sebagai pemimpin gerilya melawan penjajah yang tangguh. Karena keapikannya, film ini akhirnya memborong sejumlah penghargaan dari festival film yang diadakan di Perancis itu.

Laskar Pelangi (2008)

Film Terbaik Indonesia di Mata Dunia, Apa Saja? | Breaktime
Novelnya dialihbahasakan lebih dari 20 bahasa

Laskar Pelangi yang dirilis pada tahun 2008 ini diangkat dari novel international best seller berjudul sama karya Andrea Hirata. Novel ini telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 20 bahasa. Mengikuti kesuksesan versi novel, film Laskar Pelangi juga meraih kesuksesan besar dengan meraih penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Secara garis besar, Laskar Pelangi bercerita tentang sepuluh murid SD Muhammadiyah dan dua guru inspiratif mereka dari desa Gantong, Bangka Belitung serta perjuangan mereka melawan kemiskinan.

The Raid (2011)

Film Terbaik Indonesia di Mata Dunia, Apa Saja? | Breaktime
Film ini juga akan dibuat versi Hollywood

Film ini disaksikan dunia untuk pertama kali di Toronto International Film Festival 2011 (TIFF). Setelah itu, The Raid meledak besar di pasar internasional. Diputar di bioskop Amerika, film yang dibintangi Iko Uwais sebagai Rama ini berhasil meraup keuntungan hingga USD 4,1 juta atau sekitar Rp 50 miliar. Gerakan bela diri khas Indonesia juga menjadi daya tarik hingga film ini menjadi film Indonesia pertama yang meraih sukses besar di kancah internasional.

Pendekar Tongkat Emas (2014)

Film Terbaik Indonesia di Mata Dunia, Apa Saja? | Breaktime
Tayang di beberapa festival film internasional

Film yang berlatar zaman dahulu kala ini dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas seperti Tara Basro, Eva Celia, Christine HakimNicholas SaputraReza RahadianSlamet Rahardjo dan Darius Sinathrya, film yang memiliki judul internasional The Golden Cane Warrior ini berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Tiket film Pendekar Tongkat Emas di festival-festival internasional seperti Busan International Film Festival, Toronto International Film Festival dan lain-lain juga terjual habis, lho!

Film-film tadi adalah sejumlah dari banyak film Indonesia yang sudah mendunia. Jadi, dari keempat film di atas, mana yang sudah dan siap Anda tonton, B’timers? (nap)

Share This Article