4 Film Inspiratif Bertemakan Transgender | Breaktime
4 Film Inspiratif Bertemakan Transgender
19.06.2015
You know, gay, lesbian, bisexual, transgender - people are people. ‘Judith Light’

Transgender di Indonesia sampai saat ini masih dianggap kaum minoritas yang dipandang sebelah mata. Padahal, banyak negara di dunia yang mulai menerima dan menoleransi hal tersebut. Terlepas dari segala kontroversi yang timbul di masyarakat, ada beberapa film-film inspiratif bertemakan transgender yang layak tonton. Inilah dia:

Ma Vie En Rose (1997)

Film asal Belgia yang rilis pada 28 May 1997 ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang ingin menjadi perempuan. Dengan alur yang cukup menarik serta akting yang menawan dari pemerannya, film ini berhasil memenangkan Golden Globe for Best Foreign Language Film.

Transamerica (2005)

Film ini bercerita tentang seorang laki-laki yang berasal dari Southern Caifornia bernama Stainley Chupak. Keinginannya untuk melakukan operasi menjadi seorang wanita akan segera menjadi kenyataan. Namun sebelum dilakukannya operasi tersebut, Stainley mendapat panggilan dari anaknya, Tobi, yang sedang di dalam jerusji besi dan sedang membutuhkan bantuannya. Disutradarai oleh Duncan Tucker, Transmerica memperoleh banyak sekali penghargaan internasional, salah satunya adalah Golden Globe USA tahun 2006.

Tomboy (2011)

Film yang dirilis pada April 2011 ini menceritakan kisah seorang anak perempuan bernama Laure yang masih berusia 10 tahun. Laure menjalin pertemanan dengan anak tetangganya dan mengaku bahwa dia adalah seorang anak laki-laki bernama Mickael. Film garapan Céline Sciamma ini berfokus pada konflik tentang cinta dan kehidupan yang terjadi pada diri Mickael sendiri. Dikisahkan secara unik, Tomboy setidaknya menyabet 7 penghargaan bergengsi dan 5 nominasi.

Becoming Chaz (2011)

Jujur, menyentuh, dan membuka hati para penontonya adalah kesan yang akan B’timers dapatkan dari film garapan Fenton Bailey dan Randy Barbato ini. Sebuah film dokumenter yang menceritakan tranformasi Chastity Bono berubah menjadi Chaz Bono. Dalam film ini, disertakan juga wawancara dengan keluarga terdekat dan teman sesama transgendernya.

Dari film-film tersebut, mungkin B’timers bisa lebih memahami perasaan dan cari berpikir mereka yang memutuskan untuk menjadi seorang transgender. Tonton, ya!

Share This Article