4 Film Cina yang Sukses Menggebrak Dunia! | Breaktime
4 Film Cina yang Sukses Menggebrak Dunia, Apa Saja?
03.02.2016

Selain memiliki kebudayaan dan tradisi yang menarik untuk dipelajari, tahukah Anda bahwa Cina juga salah satu negara produsen film terbaik? Hal ini dibuktikan dengan banyaknya film yang mendulang kesuksesan dengan memenangkan banyak penghargaan dari ajang Award bergengsi. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak 4 film Cina yang sukses menggebrak dunia berikut ini.

Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)

Film Crouching Tiger, Hidden Dragon adalah  sebuah film tentang seni bela diri yang dirilis pada tahun 2000 silam. Film yang diadaptasi dari novel keempat pentalogi Crane Iron Pentalogy ini disutradari oleh Ang Lee. Crouching Tiger, Hidden Dragon menampilkan aktor dan aktris papan atas Internasional dari etnis Tionghoa seperti Chong Yun-Fat, Michelle Yeoh, Zhang Ziyi dan Chang Chen.

4 Film Cina yang Sukses Menggebrak Dunia! | Breaktime
Dibintangi aktor dan aktris papan atas

Film ini sukses memenangan lebih dari 40 penghargaan termasuk penghargaan dari Academy Award untuk Film Berbahasa Asing (Taiwan) Terbaik. Selain itu, film yang memakan biaya fantastis ini juga memenangkan dua Golden Globe sebagai film terbaik dan beberapa penghargaan bergengsi lainnya.

In Expectation (1995)

In Expectation atau yang juga dikenal dengan judul Rain Clouds over Wushan adalah film garapan sutradara Zhang Ming. Film ini pertama kali dirilis pada tahun 1995 silam. Film ini berkisah tentang dua orang yang kesepian. Mereka tinggal di Wushan di tepi Sungai Yangtze dengan segala liki-liku kehidupan yang mereka jalani. Gambaran peradaban di pedesaan Cina juga ditampilkan dengan jelas di film In Expectation.

Film yang diproduksi oleh Beijing Film Studio ini berhasil memenangkan Dragon and Tiger Award dari Vancouver International Film Festival pada tahun 1997. Film ini juga sukses meraih penghargaan dari Best Feature Film Award.

Shower (1999)

Shower adalah film yang sangat populer di tahun 1999. Film bergenre komedi romantis ini diutradarai oleh Zhang Yang dan dibintangi oleh Zhu Xu, Pu Chuxing dan Jiangwu. Film ini tayang perdana di Toronto International Film Festival (TIFF) bahkan sebelum dirilis di negara asalnya, Cina. Selain itu, film ini juga memenangkan penghargaan dari FIPRESCI yang merupakan federasi kritikus film internasional.

Film ini mengeksplorasi nila-nilai budaya yang ada di keluarga Cina. Selain tentang percintaan, film ini juga sarat akan makna persahabatan dalam tradisi yang kental.

4 Film Cina yang Sukses Menggebrak Dunia! | Breaktime
Shower memenangkan banyak penghargaan

Beijing Bicycle (2001)

Beijing Bicycle adalah film hasil kerjasama antara Taiwan dan Perancis yang menceritakan gejolak dan gelombang kehidupan yang dialami oleh seorang anak yang ingin mencari pekerjaan di Beijing. Sayangnya ketika sudah mendapat pekerjaan ia malah harus mengalami nasib nahas.

Ket: Mendapatkan penghargaan di Berlin International Film Festival (http://www.topchinesemovies.com/wp-content/uploads/2012/05/Beijing-Bicycle1.jpg)

Film yang diluncurkan pada tahun 2001 ini memenangkan beberapa penghargaan bergengsi seperti Jury Grand Prix di Berlin International Film Festival. Tentu saja ini karena kerja keras dari dua aktor pentingnya, Cui Lin dan Li Bin.

Bagaimana, B’timers? Anda tentu sangat tertarik untuk menontonnya, bukan? (nap)

Share This Article