4 Film Bertema Nasionalisme yang Bikin Merinding Saat Nonton | Breaktime
4 Film Bertema Nasionalisme yang Bikin Merinding Saat Nonton
11.08.2015
“May we never forget freedom isn’t free...”

Kurang beberapa hari lagi, Indonesia akan kembali memperingati hari yang paling bersejarah. Mungkin ini adalah pengalaman ke sekian kalinya bagi B’timers untuk menikmati suasana selebrasi hari kemerdekaan yang kadang terasa biasa saja. Kali ini, bikin suasana jadi berbeda dengan menonton 4 film bertema nasionalisme yang menyentuh hati:

Trilogi Merdeka (2009-2011)

Trilogi film Merah Putih (2009), Darah Garuda (2010), dan Hati Merdeka (2011) ini mengisahkan perjuangan total tentara Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan memperjuangkannya hingga titik darah penghabisan.

Film yang dibintangi oleh Lukman Sardi dan Rahayu Saraswati ini tak hanya berkisah tentang peperangan semata. Isu seputar keberagaman suku dan budaya masyarakat Indonesia yang heterogen juga menjadi sorotan. Film ini akan membawa B’timers untuk memahami makna Bhinneka Tunggal Ika secara riil dengan berbagai adegan heroik mengharukan yang bikin merinding.

Tanah Air Beta (2010)

Film yang disutradarai oleh Ari Sihasale ini berkisah tentang kehidupan keluarga yang terpisah akibat pelepasan Timor Timur dari Indonesia pada tahun 1998 silam. Tatiana (Alexandra Gottardo) dan putrinya Merry (Grifft Patricia) terpaksa harus angkat kaki dari tanah kelahirannya karena saat itu Timor Timur sudah dalam proses menjadi Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Gie (2004)

Meskipun tergolong karya lama, film yang terinspirasi dari catatan seorang demonstran mahasiswa UI, Soe Hok Gie ini benar-benar nggak ada matinya. Semangat perjuangan dan rasa kesetiakawanan yang dibalut dengan konsep idealismenya akan “menampar-nampar” batin Anda sebagai pemuda masa kini.

Gie yang memiliki sikap idealis dengan tegas menolak untuk menyerah pada kemunafikan. Ia merupakan sosok garda depan dalam perjuangan keadilan dan menyuarakan aspirasi dari kalangan mahasiswa sekalipun oknum-oknum PKI banyak berkeliaran dan siap mengancam jiwanya.

Habibie & Ainun (2012)

Jangan sampai Anda melewatkan film nasionalisme yang juga mengusung nilai romantisme mendalam satu ini! Film ini berkisah tentang mimpi besar Habibie untuk mengabdi pada negarra dengan membuat pesawat terbang yang bisa mempermudah transportasi masyarakat nusantara.

Sayangnya, Habibie harus menerima kenyataan bahwa karyanya tersebut tak sepenuhnya diapresiasi dengan baik. Di sinilah B’timers akan banyak belajar tentang ketulusan. Selain itu, film ini juga menyuguhkan kesetiaan dan ketangguhan seorang wanita bernama Ainun sebagai istri Habibie.

Nah, itulah jajaran film bertemakan nasionalisme yang bisa bikin momen kemerdekaan kali ini begitu bermakna. Let’s start contemplating that freedom is indeed not free through watching those incredible movies!

Share This Article