3 Film Tentang Perang Dunia yang Melenceng Dari Sejarah Aslinya | Breaktime
3 Film Tentang Perang Dunia yang Melenceng Dari Sejarah Aslinya
15.06.2015
Sometimes losing a battle you find a new way to win the war - Donald Trump

Ragam genre film lalu lalang di dunia perfilman internasional dari tahun ke tahun. Mulai dari yang bertemakan drama romantis, komedi, horor, sci-fi sampai dengan yang menggunakan alur perang dan setting waktu juga tempat ketika meletusnya World War atau Perang Dunia beberapa tahun lalu.
Khususnya untuk film-film bertemakan perang dengan alur dan setting saat Perang Dunia, ternyata ada lho, film-film yang melenceng dari kisah aslinya, B’timers. Penasaran apa saja film dengan alur dan setting World War tapi kisahnya menyimpang? Berikut daftarnya.

The Red Baron

Film ini menceritakan kisah dari seorang pilot pesawat tempur angkatan udara Jerman bernama Manfred von Richthofen yang terkenal dengan pesawat terbangnya yang dicat dengan warna merah dan dijuluki Red Baron.

Walaupun dia diceritakan sangat handal dalam pertempuran udara dan berhasil merontokkan banyak pesawat musuh, tokoh yang diperankan oleh Matthias Schweighöfer ini memiliki sifat yang humanis dan ramah. Bahkan dia sampai harus bertengkar dengan adiknya gara-gara tidak memberi ampun kepada pilot musuh yang pesawatnya sudah rusak parah dan akan jatuh.

Sayangnya, apa yang diceritakan dalam film tersebut sedikit melenceng dari kisah asli Red Baron. Dalam bertempur, Richthofen selalu mengincar pilot dan memberondongkan peluru tanpa ampun. Dia juga akan mengincar pemegang senapan mesin untuk pesawat dua awak, baru kemudian menghabisi sang pilot. Tidak hanya itu saja, karakter yang bernama Kate Otersdorf adalah sosok fiksi yang tidak ada dalam sejarah.

Inglourious Basterds

Film ini menceritakan tentang penggalangan kekuatan dengan mengumpulkan orang-orang Yahudi pada saat Perang Dunia II berkecamuk oleh Letnan Aldo Raine yang diperankan oleh Brad Pitt. Pasukan yang berhasil dikumpulkan dinamakan The Basterds. Pasukan tersebut bertugas untuk menghabisi para tentara Nazi dan juga menggulingkan kekuasan Hitler.

Ternyata, apa yang diceritakan dalam Inglourious Basterds ini tidak lebih dari sebuah penyimpangan dalam sejarah aslinya. Seperti yang banyak B’timers tahu atau dengar, selama Nazi berkuasa, banyak orang-orang Yahudi yang menjadi korban. Mulai dibunuh sampai dengan dimasukkan dalam kamp-kamp konsentrasi.

Bahkan di Inglourious Basterds ini juga diceritakan bahwa Hitler mati di dalam sebuah bioskop, padahal menurut sejarah aslinya, pria yang dijuluki The Fuhrer tersebut mati karena bunuh diri.

Saving Private Ryan

Bagi B’timers yang doyan menonton film bertemakan perang, pastinya sudah pernah melihat film berjudul Saving Private Ryan yang diisi banyak bintang terkenal Hollywood seperti Tom Hanks, Matt Damon sampai dengan Vin Diesel. Dalam film ini, menceritakan tentang upaya penyelamatan seorang prajurit bernama James Ryan.

Perjuangan untuk menyelamatkan Ryan dan mengabari bahwa dia sudah diperbolehkan meninggalkan arena Perang Dunia II tersebut, ternyata berujung pada kematian tentara-tentara senior lainnya.

Film tersebut sangat bagus dan menyentuh sekali. Bahkan berhasil menyabet beberapa penghargaan. Sayangnya, film yang mengadopsi dari kisah nyata yaitu penyelamatan seorang prajurit bernama Smith ini sedikit melenceng dari cerita aslinya.

Di kisah aslinya, Smith adalah seorang prajurit yang berperang di Perang Dunia I, sedangkan Ryan adalah prajurit yang berperang di Perang Dunia II.  Dan juga ada beberapa hal kecil lain yang tidak sama persis dengan kisah sebenarnya, seperti jumlah saudaranya yang mati di medan perang.

Walaupun melenceng dari kisah aslinya, secara keseluruhan, 3 film di atas masih cukup bagus untuk ditonton kok, B’timers.

Share This Article