10 Film Politik Paling Fenomenal Sepanjang Masa | Breaktime
10 Film Politik Paling Fenomenal Sepanjang Masa
08.04.2015

Politik selalu menjadi topik berita yang hangat dan tak pernah luput dari perbincangan, bahkan di kalangan masyarakat awam sekalipun. Tak hanya menjadi santapan media massa, seperti yang kita tahu politik juga menjadi sumber inspirasi film. Drama dunia politik tentang pemerintahan yang kolot dan rezim yang kejam, atau pemilihan presiden yang penuh propaganda, rupanya telah diangkat ke dalam film sejak zaman dahulu.

Tentunya, semenarik apapun kisah politik yang diceritakan, peran sutradara yang brilian dan akting para aktor serta aktris yang  memukau memegang peranan terpenting dalam kesuksesan sebuah film. Nah, pasti B’timers penasaran film-film politik apa saja yang pernah menjadi sorotan dunia. Berikut Breaktime telah merangkum deretan film politik terbaik sepanjang masa untuk Anda. Simak, ya!

Frost/Nixon

Film Frost/Nixon menceritakan tentang “pertarungan” antara mantan presiden dengan seorang reporter. Sang mantan presiden ingin membersihkan namanya yang telah tercemar, sementara si reporter asal Inggris ingin membuat pembuktian dengan mengukir karir cemerlang di A.S. Benturan kepentingan antara keduanya pun menciptakan konflik yang alot.

Downfall

Film ini berlatar belakang Berlin, Jerman pada tahun 1945. Pada masa itu, Berlin jatuh ke tangan Red Army. Rezim Adolf Hitler bersama para kroninya akhirnya jatuh, menandakan berakhirnya masa pemerintahan “Thousand Year Reich” Hitler.

Election

Mengusung tema berbeda, film ini bergenre komedi dan menceritakan tentang seorang siswa perempuan bernama Tracy Flick yang memiliki karakter aneh. Ia bertekad untuk menjadi presiden organisasi siswa di SMAnya.

Bulworth

Warren Beatty menjadi sutradara sekaligus memerankan tokoh utama di film ini. Beatty memerankan Jay Bulworth, senator A.S. dari Kalifornia. Bulworth harus mampu mengatasi “paksaan” terhadap dirinya untuk menyetujui sistem pemerintahan yang menurutnya sangat buruk.

Wag the Dog

“Wag the Dog” mengisahkan kerjasama antara seorang pengamat politik dan produser film. Demi menciptakan hiruk-pikuk dalam kancah politik masyarakat Amerika, mereka mempersiapkan rekayasa perang, di mana ini sekaligus mengalihkan perhatian publik terhadap kasus skandal presiden.

All the President’s Men

Film bertabur aktor kawakan Amerika ini mengisahkan drama epik tentang lengsernya seorang presiden pada saat berada di puncak kekuasaannya. Sang sutradara menggambarkan kegelisahan tokoh politik dalam menghadapi kendala usia pada masa jabatan mereka.

The Paralax View

Film ini bercerita tentang drama politik di mana seorang reporter yang sangat investigatif menguak tipu muslihat sebuah konspirasi yang disebut Parallax Corporation. Gerakan terselubung para politisi ini bertujuan memanipulasi media dan pada akhirnya menguasai dunia.

The Candidate

Tokoh utama adalah seorang warga California bernama Bil McKay yang berhaluan kiri dalam politik. Tanpa berbekal pengalaman politik sama sekali, seorang mata-mata Partai Demokratis merekrutnya untuk dipersiapkan dalam menghadapi senator GOP yang populer.

Seven Days in May

Film ini berisikan cerita bergenre thriller politik yang berbeda dari film politik lainnya. Seorang milisi akhirnya harus menghadapi sosok pahlawan kebanggaannya dan membuktikan bahwa orang tersebut sebenarnya merupakan pengkhianat.

The Best Man

The Best Man dengan berani membeberkan kejamnya intrik-intrik yang tak bermoral dalam usaha mencapai tujuan politik.  Pada film ini kasus yang diangkat adalah kampanye pemilihan presiden di mana para capres berlomba-lomba mendapatkan nominasi untuk partai mereka.

Nah, itu tadi beberapa film politik paling fenomenal yang pernah dibuat. Apa film favorit B’timers juga termasuk di dalam daftar?

Share This Article