10 Film Olahraga Paling Inspiratif Sepanjang Masa | Breaktime
10 Film Olahraga Paling Inspiratif Sepanjang Masa
06.05.2015

Ada beragam genre yang diusung dalam sebuah film, mulai dari drama, romance, misteri, action hingga komedi. Nah, dari sekian banyak tema yang diangkat, film yang bercerita tentang olahraga seringkali tak banyak mendapat sorotan. Padahal, ada begitu banyak inspirasi dan motivasi yang tersirat untuk penonton di sana, lho. Berikut Breaktime merangkum 10 film olahraga paling inspiratif yang akan mengubah paradigma Anda!

Warrior (2011)

Film ini bercerita tentang dua bersaudara yang harus saling berhadapan di turnamen MMA pada 2011, di mana pada saat itu acara tersebut mendapat kritikan tajam. Sosok karakter dengan emosi yang kuat, adegan fighting hebat, dan akting yang memukau dikemas dalam film inspiratif ini.

Miracle (2004)

Satu lagi film garapan Disney yang diangkat dari kisah nyata. Film ini bercerita tentang kemenangan tim hoki pria A.S. melawan Uni Soviet pada Winter Olympics tahun 1980. Dengan apik Miracle mengemas drama di balik kemenangan besar dalam sejarah dunia olahraga Amerika itu.

Remember The Titans (2000)

Disney mengangkat kisah nyata ke dalam film yang berlatar belakang tahun 1970-an ini. Seorang pelatih harus bekerja keras “menggodok” tim football sebuah SMA. Meski cukup menuai kritikan yang menyebut film ini terlalu dramatis, namun lebih banyak penonton yang dibuat terpukau.

Hoop Dreams (1994)

Satu-satunya film dokumenter dalam daftar. Hoop Dreams berkisah tentang dua remaja African-American bernama William Gates dan Arthur Agee yang memutuskan meninggalkan lingkungan mereka di Chicago untuk hijrah ke sekolah di daerah suburban dengan mimpi menjadi bintang NBA kelak.

Rudy (1993)

Mengisahkan seorang anak bernama Rudy yang bermimpi untuk menjadi anggota tim football Fighting Iris di Universitas Notre Dame. Meski dengan segala keterbatasannya, no money, nilai yang buruk, tak pandai olahraga, Rudy tetap berjuang keras menggapai mimpinya. It will bring tear to your eye.

Hoosiers (1986)

Berdasarkan kisah nyata, Hoosiers bercerita tentang kerja keras tim basket sebuah SMA di kota kecil Indiana hingga akhirnya berhasil mengalahkan tim kota besar yang jauh lebih baik dari mereka. Jalan ceritanya sederhana, jujur, tetapi sarat dengan passion.

The Karate Kid (1984)

Mengisahkan seorang anak bernama Daniel LaRusso yang harus berpindah kota dan sekolah, film ini sempat di-remake pada tahun 2010 lalu. Demi menghindari bullying dari teman-teman barunya, ia akhirnya belajar karate bersama seorang penjaga apartemennya yang bernama Miyagi.

The Natural (1984)

Film ini menceritakan Roy Hobbs, seorang pemain baseball yang terlahir dengan bakat alaminya. The Natural memberikan pesan moral bahwa setiap orang memiliki kekuatan dalam dirinya untuk memenuhi takdirnya sendiri.

Rocky (1976)

Bisa dibilang inilah sport movie terbaik sepanjang masa. Film peraih academy award ini mengisahkan tentang Rocky Balboa, seorang prizefighter yang mendapat kesempatan langka untuk bertarung memperebutkan gelar juara tinju kelas berat. Rocky adalah film yang sangat menyentuh dan inspiratif.

The Pride of the Yankees (1942)

Mengisahkan tentang baseman pertama New York Yankees yang legendaris, Lou Gehrig. Karir Gehrig harus berakhir di awal perjalanannya saat ia didiagnosa terkena penyakit langka amyotrophic lateral sclerosis, yang kemudian dikenal dengan sebutan Lou Gehrig’s disease.

Nah, adakah film yang jadi favorit B’timers?

Share This Article