On Broadway, Impian Seorang Tukang Kayu Mencapai Panggung Teater | Breaktime
Broadway, Impian Seorang Tukang Kayu Mencapai Panggung Teater
27.03.2015

“Every good story begins with a dream.”

-On Broadway-

Broadway merupakan nama salah satu jalan yang terletak di salah borough of Manhattan, New York.  Di sepanjang Broadway street ini, terdapat Theater District yang menampilkan teater musikal dan menjadi salah satu tourist attraction terpopuler di New York. Nah, dari sinilah asal kata Broadway yang merujuk pada pertunjukan drama, nyanyian, dan tarian berasal.

Memuaskan penonton dengan aksi teatrikal yang memukau, Broadway mengelar delapan show setiap minggunya. Dibalik gemerlap lampu panggung, para bintang Broadway diharuskan untuk bekerja ekstra keras dan berkomitmen penuh terhadap jadwal yang ketat. Karenanya, berkiprah di dunia Broadway tidak semudah yang dibayangkan, seperti yang diceritakan dalam film “On Broadway”.

Film berdurasi 98 menit ini disutradarai oleh Dave McLaughlin dan dirilis tanggal 25 April 2007 di Amerika Serikat. Film On Broadway sendiri mengisahkan tentang seorang tukang kayu di Boston bernama Jack O’Toole. Paman Jack meninggal setelah terjatuh dari atap, dan kematiannya membuat Jack sangat terpukul hingga akhirnya memutuskan untuk menuliskan kisah tersebut dan menjadikannya sebuah drama, meski Jack tak memiliki pengalaman dalam dunia teater sama sekali.

Karena tak ada yang mau mengangkat kisahnya ke dalam drama, Jack akhirnya mengambil keputusan berani untuk berhenti dari pekerjaannya. Ia berusaha mencari jalan untuk memproduseri sendiri dramanya tersebut. Dalam usahanya itu, Jack harus menghadapi banyak rintangan, termasuk kehidupan pernikahannya jadi terganggu dan bahkan hubungannya dengan ayahnya juga memburuk.

Berharap pementasan drama ini bisa memperbaiki kehidupannya, Jack akhirnya menemukan jalan untuk mementaskannya. Namun sayangnya ia hanya bisa memainkan dramanya di back room sebuah pub lokal, satu-satunya panggung yang bisa dijangkaunya. Meski di tempat sesederhana itu, Jack tetap berusaha melakukan yang terbaik. Ia pun bekerjasama dengan sebuah perusahaan teater dan menjadikan tempat itu panggung yang layak untuk pementasan dramanya. Jack pun turut melibatkan keluarga dan teman-temannya dalam proses pementasan itu.

Kisah perjuangan Jack O’Toole untuk mewujudkan mimpi Broadway-nya tersebut dikemas dalam drama yang menyentuh dengan akting memukau dari para aktor dan aktris yang membintanginya. Film On Broadway ini juga mendapat respons positif dan berhasil meraih dua penghargaan, yakni 2nd place Feature Film Award di Galway Film Fleadh dengan kategori Best First Feature serta memenangkan Grand Jury Award di New Hampshire Film Festival.

Nah, kalau B’timers sedang mencari film drama yang inspiratif, On Broadway adalah pilihan tepat. Film ini juga memberi pesan moral bahwa siapapun pasti bisa sukses asalkan mau bekerja keras. Dan yang terpenting adalah Anda harus punya mimpi agar hidup menjadi lebih berarti.

Share This Article