Wow, Indonesia Muncul di 5 Komik dan Anime Asal Jepang! | Breaktime
Wow, Indonesia Muncul di 5 Komik dan Anime Asal Jepang!
29.07.2015
“Nationalism cannot flower if it does not grow in the garden of internationalism.” - Soekarno

Apa B’timers sudah menjadi warga negara yang baik? Yang cinta dan bangga terhadap tanah air? Well, bicara soal cinta tanah air, jangan berpikir terlalu jauh dulu seperti maju ke medan perang atau ikut lomba sains di olimpiade internasional. Rupanya, dari komik pun kita bisa menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap Indonesia! Sebab, ada “Indonesia” di dalam lima komik dan anime asal Jepang ini. Wow, apa saja?

Smash

Atlet bulutangkis Taufik Hidayat muncul dalam komik Smash
Atlet bulutangkis Taufik Hidayat muncul dalam komik Smash

Komik ini bertemakan sport dan menyuguhkan cerita yang sangat detail. Dalam Smash disebutkan Taufik Hidayat selaku atlet bulutangkis yang sangat terkenal dengan backhand smash-nya. Indonesia “disertakan” dalam komik karena pernah menjadi negara legenda bulutangkis.

Meshibana Keiji Tachibana

Indomie juga jadi mie instan yang populer di Negeri Sakura
Indomie juga jadi mie instan yang populer di Negeri Sakura

Manga yang satu ini menceritakan detektif bernama Tachibana yang gemar makan dan punya wawasan luas tentang makanan. Di salah satu chapter, detektif Tachibana menceritakan lezatnya Indomie yang merupakan mie instan asal Indonesia.

Captain Tsubasa

Indonesia juga muncul dalam komik populer ini
Indonesia juga muncul dalam komik populer ini

Tak hanya mengusung cerita tentang olahraga sepakbola yang sangat populer, ternyata dalam salah satu chapter manga ini juga ada Indonesia. Dikisahkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia di mana Tsubasa dan kawan-kawannya harus bertanding di stadion Gelora Bung Karno.

Jormungand: Perfect Order

Kota Jakarta digambarkan dengan sangat detail di sini
Kota Jakarta digambarkan dengan sangat detail di sini

Manga ini menceritakan Koko yang merupakan seorang penjual senjata illegal. Ia menjual senjatanya ke berbagai belahan dunia yang membawanya hingga ke Jakarta. Di season kedua tersebut, kota Jakarta digambarkan dengan sangat detail mulai dari pertokoannya hingga menu nasi goreng.

Dragon Ball

Kita bisa melihat Bali secara komplit dalam anime ini
Kita bisa melihat Bali secara komplit dalam anime ini

Siapa tak kenal masterpiece yang satu ini? Namun, mungkin tak banyak yang tahu Dragon Ball pernah “menggunakan” Indonesia untuk setting lokasinya. Diceritakan turnamen Tenkaichi Budokai diadakan di Bali, yang lebih dikira sebuah negara ketimbang sebuah pulau di Indonesia.

Nah, tak disangka ternyata Indonesia se-ngetren itu di negeri orang, ya? Bahkan, sampai-sampai diceritakan dengan detail dalam sejumlah manga dan anime. Tidakkah B’timers sebagai warga negara Indonesia merasa bangga?

Share This Article