West of Sunset, Best Working of Stewart O’Nan | Breaktime
West of Sunset, Best Working of Stewart O’Nan
05.02.2015

Masih ingatkah Anda dengan novel legendaris “The Great Gatsby” yang ditulis oleh mendiang F. Scott Fitzgerald yang pertama meluncur tahun 1925-an? Nah, tepat tanggal 13 Januari 2015, Stewart O’Nan mempersembahkan novel terbarunya yang akan mengisahkan tentang perjalanan sang penulis besar, F. Scott Fitzgerald.

Karya terbaru O’Nan yang diberi judul “The West of Sunset” ini menggambarkan tahun-tahun terakhir Fitzgerald yang ia habiskan di dunia Hollywood. Itu merupakan saat-saat karir Fitzgerald mulai meredup setelah novel The Great Gatsby sempat bersinar terang beberapa waktu sebelumnya.

Ia terus melahirkan sejumlah scripts baru yang sayangnya kebanyakan karya tersebut tak pernah diproduksi. Bahkan, hanya sedikit saja barisan script-nya yang dibayar dengan upah $200 per hari. Kendati demikian, Fitzgerald masih belum juga menyadari bahwa kesuksesan karya sastranya telah lama berakhir.

Dalam kondisi kesehatan yang semakin memburuk, kondisi keuangan kacau, serta terpisah dari istrinya yang harus dibawa ke rumah sakit jiwa di North Carolina, ia terus mengawali karir barunya dengan menjadi screenwriter di Hollywood.

Kisah kehidupan tiga tahun terakhir Fitzgerald, yang mana karya Jazz Age-nya sempat kembali merebak ke dunia sastra, akan menjadi fokus Stewart O’Nan dalam penulisan karya terbarunya ini. O’Nan merupakan seorang penulis yang sangat peka dengan keberanian dan cerita keindahan seseorang yang menjadikannya tetap semangat dalam menjalani hidup.

Hal menarik yang dipotret oleh O’Nan bukanlah kehidupan glamor Fitzgerald yang kembali sukses di dunia Hollywood atau hubungan percintaannya dengan seorang wartawan gossip bernama Sheilah Graha, akan tetapi lebih pada komitmen Fitzgerald untuk kembali menekuni pekerjaannya sebagai screenwriter. Terlepas dari kesulitan yang ia hadapi.

This book is a deeply personal portrait of a flawed man who never gave up in the end, even if every things seemed to be broken! Novel West of Sunset menjelaskan dengan nyata bahwa O’Nan merupakan novelis terbaik di dunia sastra!

Share This Article