Ini Lho Tipe-Tipe Pembaca Buku Yang Wajib Anda Tahu! | Breaktime
Uniknya Tipe-Tipe Pembaca Buku! B’timers Termasuk yang Mana?
13.07.2015
“The more that you read, the more things you will know. The more you learn, the more places you’ll go!” – Dr. Seuss

Buku adalah jendela dunia, dan membaca adalah kunci untuk membuka jendela itu. Bagi B’timers yang gemar membaca, tentu sering berbaring di kamar sambil membaca novel baru, tak terasa mulai siang hingga malam khususnya di hari libur. You’re not alone! Nah, dari jutaan orang yang berhobi sama, tipe pembaca ada bermacam-macam, lho. Inilah tipe-tipe pembaca yang unik dan beragam:

The fiction fanatic

Di momen tertentu, mereka akan mengaku yakin bahwa Harry Potter memang nyata dan mereka akan dengan senang hati bersahabat dengannya. Mereka pun akan bertanya apakah itu merupakan hal yang aneh.

The really, ridiculously picky

Mereka akan meminta rekomendasi buku apa saja kepada siapa saja, tetapi mereka takkan pernah puas. Bahkan meski itu buku bestselling yang sangat populer, masih saja tak “memenuhi syarat”.

The reading-list enthusiast

Pembaca tipe ini suka membuat daftar buku bacaan yang luar biasa panjang di mana saja. Mulai dari ponsel, buku jurnal hingga Pinterest board. Ini karena mereka sangat bergantung pada daftar bacaan yang rapi dan komplit.

The impassioned E-reader

Inilah tipe pembaca yang mencintai teknologi. Mereka akan berpikir “memangnya tahun berapa sekarang?”, dan selalu memilih membaca e-book.

Pembaca yang mencintai teknologi dan senang membaca e-book
Pembaca yang mencintai teknologi dan senang membaca e-book

The one who reads aloud

Kenapa harus membaca dalam diam kalau bisa berbagi kata-kata indah dengan orang lain? Pembaca tipe ini akan membuat Anda ikut “membaca” buku saking senangnya mereka membacakannya untuk Anda.

The binge reader

Mereka adalah pembaca yang harus menyelesaikan buku sekali baca. Mereka akan melakukan “marathon” demi menyelesaikan membaca beberapa buku sekaligus. No free time needed.

The self-declared librarian

Pembaca tipe ini merasa koleksi bukunya sudah sekomplit perpustakaan. Mereka akan “memaksa” Anda membaca buku-buku mereka, bahkan mereka mencatat buku-buku yang dipinjamkan dengan rapi.

The jet-set reader

Tak seperti kebanyakan orang, pembaca tipe ini bakal lebih senang menghabiskan waktu liburan mereka untuk membaca! Seperti berjemur di tepi pantai sambil membaca, bisa menjadi sesuatu yang priceless buat mereka.

Pembaca yang senang menghabiskan liburan dengan membaca buku
Pembaca yang senang menghabiskan liburan dengan membaca buku

The really, really emotional

Pembaca tipe ini sangat menyukai momen saat mereka menangis karena terharu oleh cerita yang ada di buku. Bahkan, untuk mendapatkan kepuasan itu, mereka takkan bosan membaca buku seperti The Fault in Our Stars berulang kali.

The book-to-movie nut

Hanya buku yang akan diadaptasi ke film yang mengisi rak buku mereka. Pembaca tipe ini bahkan bisa merasa stress saat tanggal rilis film sudah dekat dan mereka belum membaca bukunya.

Well, termasuk yang manakah B’timers?

Share This Article