Top Visit: 2 “Gudang” Berharga Buku Langka di Kota Surabaya | Breaktime
Top Visit: 2 “Gudang” Berharga Buku Langka di Kota Surabaya
27.03.2015

Mendengar nama kota Surabaya disebut untuk pertama kali, kesan apa yang langsung terlintas di kepala? Matahari bersinar lebih terik? Macetnya jalanan Surabaya menyaingi Jakarta? Well, di balik suasana kota Surabaya yang memang tak sesejuk Bogor ataupun Malang, tapi di kota ini Anda bisa menemukan perpustakaan buku-buku langka yang selama ini susah untuk dicari!

Top visit: perpustakaan buku langka di Surabaya

Begitu tiba di Surabaya, jangan tunda kesempatan untuk melangkahkan kaki menuju Jl. Medayu Selatan Gang IV No. 42-44, Surabaya. Di perpustakaan yang diberi nama Medayu Agung ini, B’timers akan benar-benar terkesima dengan berbagai koleksi buku langka yang sempat dilarang beredar pada masa orde baru hingga setumpuk koleksi koran maupun buku berbahasa Jerman yang membuat tentang foto-foto tentara Nazi. 

Top Visit: 2 “Gudang” Berharga Buku Langka di Kota Surabaya

Bahkan, Anda juga akan terperangah begitu melihat buku berjudul “Mein Kampf”  edisi asli bertanda tangan Adolf Hitler ataupun jejeran tulisan tangan Pramoedya Ananta Toer di atas kertas semen yang kini menjadi karya besarnya berjudul “Bumi Manusia”.

Lalu, siapakah pemilik koleksi buku langka ini? Adalah Oei Hiem Hwie, pria usia 76 tahun yang telah mendirikan perpustakaan ini sejak tahun 2001 lalu. Menurut pria yang lebih akrab di sapa Pak Wie ini, buku-buku tersebut tidak akan dijualnya lantaran ia ingin menjadikan koleksinya sebagai bahan pembelajaran generasi muda Indonesia.

Tak hanya Medayu Agung, “gudang” buku langka lainnya yang patut Anda kunjungi di Surabaya adalah “C20 Library”.  Perpustakaan yang didirikan oleh Kathleen Azali pada tahun 2008 silam ini juga siap memanjakan B’timers dengan koleksi ribuan buku menarik, utamanya literatur klasik luar negeri serta buku-buku Indonesia berumur tua yang sudah begitu langka.

Dengan suasana yang begitu hommy dan cozy, Anda bisa menikmati berbagai buku dengan aneka tema mulai dari sejarah, politik, sastra, hingga filsafat. Di perpustakaan yang terletak di Jalan dr. Cipto 20, Surabaya ini, bukan tak mungkin bila Anda dapat bertemu dengan berbagai kalangan penggemar buku langka dari berbagai latar belakang pendidikan serta lintas generasi.

Bagaimana? Apakah B’timers mulai tak sabar untuk mengelilingi setiap deretan rak buku-buku langka yang tersimpan rapi di dua perpustakaan Kota Pahlawan tersebut? Yap, jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mereguk berbagai informasi penting seputar sejarah atau topik lainnya yang pastinya akan semakin meluaskan khazanah pengetahuan Anda.

Share This Article