Top 3 Buddhist Books Wajib Baca untuk Pemula | Breaktime
Top 3 Buddhist Books Wajib Baca untuk Pemula
02.06.2015

Berasal dari anak benua India, agama Buddha terdiri dari berbagai tradisi kepercayaan di mana sebagian besar dikaitkan dengan ajaran Siddhartha Gautama atau yang dikenal sebagai Sang Buddha, B’timers. Umat Buddha mengenalnya sebagai seorang guru yang telah tercerahkan, kemudian membagikan wawasannya guna mengakhiri ketidaktahuan/kebodohan (avidyā), kehausan/napsu rendah (tanhā) dan penderitaan (dukkhā).

Agar itu terlaksana, makhluk hidup harus menyadari sebab musababnya dan hidup saling bergantungan hingga akhirnya mencapai Nirvana. Agama Buddha sendiri memiliki banyak aliran dan semuanya mengakar pada Tripitaka sebagai referensi utama. Mungkin Anda tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang Buddha? Breaktime beri referensi 5 buku Buddhist wajib baca untuk newbie, nih. Simak, yuk. 

A Fearless Heart oleh Thupten Jinpa, PhD
A Fearless Heart oleh Thupten Jinpa, PhD

Buku ini menggambarkan bahwa kita sering khawatir, terlalu iba pada orang lain bisa membuat mereka hanya memanfaatkan kita. Sementara terlalu iba pada diri sendiri akan membuat kita jadi pemalas. Di sini kita akan diajarkan mengelola rasa iba untuk meredakan stres dan depresi, serta memanfaatkannya untuk membuat tubuh lebih sehat.

Mindfulness in Action oleh Chogyam Trungpa
Mindfulness in Action oleh Chogyam Trungpa

Dengan memiliki kesadaran, ada banyak manfaat yang bisa kita dapat, seperti mengurangi stres, menambah daya konsentrasi, dan rasa sejahtera secara menyeluruh. Namun itu hanya awalnya saja, buku ini menjelaskan “kesadaran” dalam tindakan dapat membantu kita menghadapi rintangan dalam hidup, membuat kita lebih menghargai, dan kita akan jadi lebih kreatif dalam menjalin hubungan.

Buddhism oleh Jessica Virna
Buddhism oleh Jessica Virna

Setiap pagi kita terlahir kembali sebagai pribadi yang baru. Buku ini akan mengajarkan pada kita bagaimana cara menemukan kebahagiaan, kedamaian dan pencerahan di dalam diri sendiri. Bahwa sebenarnya yang bisa menyelamatkan kita adalah diri kita sendiri. Dan, pikiran adalah segalanya, kita akan menjadi sesuatu yang kita pikirkan. Buku ini membantu mengatasi rasa cemas dan gelisah Anda.

Nah, apakah B’timers sudah siap mempelajari nilai-nilai ajaran Buddha? Baca bukunya, ya.

Share This Article