Tips Jitu untuk Belanja Buku Second Buat Si Bookworm | Breaktime
Tips Jitu untuk Belanja Buku Second Buat Si Bookworm
12.07.2015
“A book is a gift you can open again and again.” – Garrison Keillor

Bagi sebagian orang, membaca lebih dari sekedar hobi, namun menjadi sebuah “tuntutan” yang tak bisa ditinggalkan. Apakah B’timers termasuk pecinta buku yang tak bisa melalui hari tanpa membaca? Nah, kepuasan membaca tak selalu datang dari buku edisi baru dengan sampul yang berkilau, tetapi juga buku lama yang keseruannya tak lekang oleh waktu. Selain itu, Anda jadi bisa lebih berhemat. Jika ingin membeli buku lama namun berkualitas, berikut tips dari Breaktime:

Membeli pada penjual yang terpercaya

Jika belum terbiasa atau baru pertama kali, lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui toko buku atau tempat penjualan buku second yang terpercaya. Anda bisa melakukannya lewat media sosial dan bertanya kepada kenalan yang sudah pernah berkunjung ke sana. Ini akan memudahkan Anda sekaligus menghemat waktu.

Membuat daftar buku yang akan dibeli

Sebaiknya Anda membuat daftar terlebih dahulu yang berisi buku apa saja yang akan dibeli. Saat sudah berada di tempat buku second nanti, percayalah, Anda akan selalu tergoda untuk membeli lebih dari satu buku, apalagi ditambah harganya yang lebih terjangkau. Agar tak terlalu jauh “berbelok” dari tujuan awal, buatlah daftar buku yang akan dibeli sedetil mungkin.

Buku adalah jendela dunia, tak peduli berapapun usianya
Buku adalah jendela dunia, tak peduli berapapun usianya

Beranikan klaim dan membuat feedback

Terutama jika Anda memilih membeli buku second secara online. Jika buku yang datang tidak sesuai dengan pesanan, Anda sangat boleh memberikan klaim, bahkan meminta ganti.  Namun, jika buku tiba tepat waktu dan sudah sesuai dengan pesanan Anda, berilah feedback berupa testimony atas kepuasan Anda membeli buku di sana, sebagai bentuk apresiasi.

Nah, semuanya tergantung selera Anda. Entah membeli secara offline maupun online, masing-masing memiliki plus dan minus sendiri, jadi B’timers bebas memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Share This Article