Ini Lho Manfaat Menulis Buku Harian Untuk Kesehatan Anda! | Breaktime
Ternyata Menulis Buku Harian Bisa Bikin Kita Sehat!
23.07.2015
“Please read my diary, look through my things and figure me out.” – Kurt Cobain

A pen coupled with paper can serve as a powerful life tool. Wow, apa yang B’timers tangkap dari kata-kata itu? Rasanya menggabungkan pena dengan kertas bisa menjadikannya alat rahasia dengan kekuatan super untuk bertempur, ya. Mungkin hampir seperti itu, namun bukan versi senjata para superhero dalam film, melainkan “senjata” dalam bentuk buku harian!

Ya, ternyata menulisi buku harian bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, lho. Mencurahkan perasaan lewat goresan tinta rupanya menjadi senjata ampuh yang bisa menyehatkan tubuh dan pikiran Anda. Tak hanya membaca, menulis juga sama besar manfaatnya. Nah, lantas bagaimana menulisi buku harian bisa membuat kita sehat?

Menjernihkan pikiran dan perasaan

Pasti B’timers pernah kan, merasa galau? Sepertinya tidak jelas apa yang dirasakan, bahkan apa yang ada di pikiran. Meluangkan waktu beberapa menit untuk menuliskan perasaan dan pikiran bisa membantu Anda lebih cepat memahami diri sendiri.

Mengenal diri sendiri dengan lebih baik

Dengan rutin menulis, Anda akan mengerti apa saja yang bisa membuat Anda bahagia dan percaya diri. Anda juga bisa lebih jelas memahami situasi dan orang yang terasa “mengganggu” Anda. Ini akan membantu menjernihkan sisi emosional Anda.

Mengurangi stres

Menuliskan amarah, kesedihan dan emosi menyakitkan lainnya dapat membantu melepaskan intensitas perasaan semacam ini. Anda akan merasa lebih tenang dan lebih baik saat mampu menikmati kondisi dan situasi Anda pada saat ini.

Menulisi buku harian membuat pikiran lebih lega dan mengurangi stress
Menulisi buku harian membuat pikiran lebih lega dan mengurangi stress

Memecahkan masalah dengan lebih ekfetif

Biasanya kita memecahkan masalah menggunakan otak kiri, yakni dengan perspektif yang analitis. Namun, kadang masalah hanya bisa dipecahkan dengan kreativitas dan intuisi yang ada di otak kanan. Menulis bisa memaksimalkan kemampuan ini untuk menemukan solusi.

Menyelesaikan perselisihan pendapat

Menuliskan masalah tentang selisih paham justru akan lebih membantu Anda memahami sudut pandang orang lain, daripada bertengkar dengannya. Bahkan, dengan menulis Anda mungkin saja menemukan solusi tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Nah, sebagai bonus, buku harian sekaligus menjadi track record pribadi Anda yang berisi perubahan gaya hidup Anda dari waktu ke waktu. Sehingga, saat terjadi masalah yang sudah pernah dialami sebelumnya, B’timers bisa dengan lebih mudah mengatasinya. Start writing on your diary from now on!

Share This Article