Tasty: Revealing The Art and Science of What We Eat | Breaktime
Tasty: Revealing The Art Science of What We Eat
27.02.2015

Sebuah karya mengagumkan dan penuh dengan “bumbu” penelitian ilmiah mendalam kembali hadir untuk menyibak misteri tentang taste (rasa) dan flavor (selera), dari awal gigitan nenek moyang Anda hingga revolusi makanan masa kini.

Dalam buku berjudul “Tasty” karangan seorang jurnalis yang memenangkan Pulitzer Prize, John McQuid, B’timers akan diajak untuk menggali lebih dalam tentang eksplorasi manusia pada flavor. Menurut McQuid, taste adalah rasa yang bisa dikecap oleh lidah seperti manis, asin, asam, pahit, dan umami, sebuah rasa kelezatan misterius.

Namun, tak seperti biasanya, McQuid yakin bila taste tak hanya dilekatkan kemampuan sederhana untuk membedakan jenis rasa makanan. Buku terbaru McQuid ini akan mengajak Anda untuk membuka mata akan adanya inovasi menarik di bidang genetika dan mikrobiologi, yakni peranan misterius antara tubuh dan otak untuk membentuk sebuah rasa.

Selain bicara soal taste, McQuid juga membuat garis perbedaan antara taste dan flavor . Menurutnya, flavor adalah pengalaman unik yang didapatkan saat seseorang ketika makan, bersamaan dengan rasa dan aroma yang ditimbulkan.

Ketika Anda mengunyah makanan, aroma kuliner akan menguar bebas di udara dan masuk ke lubang hidung. Sensasi otak dalam mengolah rasa serta gabungan dengan memori, perasaan, dan tampilan yang ada inilah yang akan mengantar pada experience of  flavor.

Dengan mengenali peran dua hal inilah, Tasty akan mengajak B’timers untuk membedah kemunculan konsep selera dan bagaimana memori manusia terhadap rasa akan terus berkembang dalam waktu sepuluh tahun ke depan.

Buku setebal 304 halaman ini juga akan memaparkan scientific research yang mengambil peranan terdepan untuk menjelaskan bagaimana gen dapat membentuk taste Anda, bagaimana cara kerja pikiran merekam selera Anda yang selanjutnya akan mengirimkan sinyal pada sistem metabolisme tubuh, penjelasan ilmiah mengapa pemanis terasa enak sekaligus bahayanya unsur ketagihan yang terselip di dalamnya.

Inilah sebuah buku baru yang sangat cerdas dalam mensintesis sains, mitos kuno, serta filsafat dalam balutan sastra yang menawan. Tasty juga akan mengantarkan B’timers pada asal beragam rasa lezat yang terpatri dalam memori serta mengapa kemampuan ini akan mengalami penurunan sedikit-demi sedikit.

Share This Article