Really in Rush? Intip Cara Membaca Kilat Ini, Yuk! | Breaktime
Really in Rush? Intip Cara Membaca Kilat Ini, Yuk!
03.03.2015

“A book is a gift you can open again and again”

-Garrison Keillor-

Apakah mungkin memahami garis besar informasi dari sebuah teks dalam waktu sekejap? Tentu saja! Dengan mengenali tips-tips untuk membaca kilat, you can pass some pages or long passages into just some few minutes! Bagaimana caranya? Berikut ini Breaktime sajikan informasi menarik on how you do fast reading:

Scanning

Nah, trik membaca kilat pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari informasi spesifik dari dalam teks. Yap, gerakan mata yang cepat dari satu halaman ke halaman berikutnya untuk menemukan informasi yang sesuai adalah sebuah teknik penting yang harus Anda kuasai. Inilah yang disebut dengan teknik membaca scanning.

Teknik scanning ini dapat Anda terapkan untuk menemukan informasi seputar nama orang, peristiwa, lokasi kejadian, ataupun waktu kejadian. Dari segi penghematan waktu, tentu teknik scanning ini akan sangat berguna when you’re really in rush. Selain itu, dengan penguasaan teknik scanning, B’timers juga akan menjadi lebih cepat dalam menemukan berbagai informasi penting di tempat-tempat umum seperti papan pengumuman bandara atau tempat lainnya.

Skimming

Nah, bila Anda gemar untuk membaca berita koran di pagi hari tapi tak memiliki banyak waktu untuk membaca teks keseluruhan, teknik skimming dapat menjadi andalan. Berbeda dengan teknik scanning, teknik skimming ini dilakukan untuk mendapatkan garis besar pemahaman dari informasi yang tersaji.

Yap, you don’t have to read the entire passage!  Teknik ini dapat Anda terapkan untuk mendapatkan informasi umum dari sebuah paragraf tanpa perlu membacanya secara detail. Selain itu, teknik ini juga sangat bermanfaat untuk menyegarkan pemahaman Anda tentang sebuah paragraf yang dibaca secara mendetail.

Nah, itulah teknik membaca kilat yang bisa B’timers terapkan untuk menyaring informasi dalam waktu singkat. Pastikan untuk terus melatih keterampilan membaca kilat ini dengan “melahap” berbagai jenis bacaan agar kemampuan ini menjadi suatu hal yang mudah dilakukan.

Share This Article