Rahasia Tersembunyi di Balik Warna Merah | Breaktime
Rahasia Tersembunyi di Balik Warna Merah
22.06.2015

Merah merupakan salah satu warna yang unik karena memiliki sisi negatif dan positif sama kuatnya. Warna ini juga dikenal melambangkan keberanian dan kekuatan, tapi di sisi lain juga menampakkan keliaran dan sifat agresif. Lalu, apa saja ya, rahasia yang tersembunyi di balik warna merah? Simak informasi yang Breaktime berikut:

Merah dalam psikologi

Merah sering digunakan sebagai lambang cinta
Merah sering digunakan sebagai lambang cinta

Merah merupakan warna paling bersemangat yang dapat merangsang kelenjar adrenal dan neuron, serta merangsang detak jantung, meningkatkan denyut nadi, mempercepat pernapasan, dan meningkatkan tekanan darah.

Terpapar terlalu banyak warna merah dapat menyebabkan stress, frustasi, dan kemarahan. Bahkan menstimulasi siswa dengan warna merah sebelum ujian, dapat berdampak negatif pada hasilnya.

Cinta biasanya dilambangkan dengan warna merah, namun di sisi lain merah juga melambangkan kebencian dan kemarahan. Dalam terapi psikologi, merah digunakan untuk merangsang tubuh dan pikiran serta peningkatan sirkulasi

Merah dalam medis

Cahaya merah banyak digunakan untuk terapi dan pengobatan
Cahaya merah banyak digunakan untuk terapi dan pengobatan

Sebuah eksperimen menunjukan bahwa cahaya merah dapat membunuh virus HIV di dalam darah. Cahaya berwarna merah juga telah sering digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, merangsang produksi jaringan sel dan regenerasi jaringan kulit dan darah.

Merah dalam bisnis

Coca Cola dan McD pun menggunakan warna merah
Coca Cola dan McD pun menggunakan warna merah

Dalam dunia bisnis, warna merah sering dikaitkan sebagai warna untuk menarik pelanggan. Beberapa perusahaan makanan ataupun restoran besar menggunakan warna dominan merah, hal ini bertujuan untuk mencari pelanggan yang potensial.

Dengan warna merah yang dominan, secara psikologis pelanggan akan berkeinginan besar untuk mencoba makanan ditawarkan.

Selain dalam ketiga hal tersebut, warna merah juga identik dengan berbagai hal menyenangkan di penjuru dunia. Warna merah yang dipadukan dengan hijau, akan mengingatkan kita pada Natal. Sedangkan merah yang dipadukan dengan warna kuning keemasan identik dengan perayaan-perayaan dalam budaya oriental. Nah, apakah merah juga jadi warna favorit B’timers?

Share This Article