Para Penulis, Ini yang Perlu Dilakukan saat Book Signing! | Breaktime
Para Penulis, Ini yang Perlu Dilakukan saat Book Signing!
05.08.2015
“A good novel tells us the truth about its hero, but a bad novel tells us the truth about its author.” – G.K. Chesterton

Hal yang paling mendebarkan bagi seorang penulis tentu ketika buku karyanya akhirnya diterbitkan, apalagi setelah melalui proses yang panjang. Jika sudah resmi menyandang predikat sebagai penulis, maka book signing menjadi kegiatan wajib untuk menjalin keakraban dengan pembaca. Agar book signing B’timers meninggalkan kesan bagi para pembaca, Breaktime beri tipsnya, nih.:

Tentukan bagian mana yang akan diberi tanda tangan

Umumnya, tanda tangan dibubuhkan pada halaman judul buku. Namun, Anda juga bisa menandatanganinya di cover bagian dalam atau cover depan agar lebih noticeable saat orang melihat buku Anda.

Tulis pesan singkat secara pribadi

Seringkali pembaca ingin buku tersebut ditandatangani secara “khusus” untuk mereka sendiri. Namun, ada juga yang menjadikan buku itu hadiah untuk orang lain. Sebaiknya tanyakan untuk siapa tanda tangan yang Anda berikan, serta jika ada cukup waktu beri pesan singkat seperti “senang bertemu Anda di sesi tanda tangan XYZ”.

Buatlah frase tanda tangan khusus yang menjadi ciri khas Anda
Buatlah frase tanda tangan khusus yang menjadi ciri khas Anda

Pilihlah sebuah frase tanda tangan

Idealnya, Anda harus memiliki sedikitnya tiga frase setiap kali menandatangani buku. Ini agar Anda tak perlu berpikir keras untuk kata-kata pesan yang akan menyertai tanda tangan. Pilih yang simple namun bermakna seperti “semoga sukses selalu” atau cukup “best wishes”.

Pastikan nama Anda dapat dibaca dengan jelas

Bayangkan suatu hari buku Anda akan menjadi milik seorang kolektor! Bukankah itu berarti buku Anda menjadi sudah barang langka yang mahal dan diburu? Maka sangat perlu berlatih menulis dengan rapi dan jelas, serta tuliskan nama lengkap Anda agar orang benar-benar mengenalinya.

Tulis tanda tangan berserta tanggal agar lebih berkesan
Tulis tanda tangan berserta tanggal agar lebih berkesan

Tuliskkan tanggal tanda tangan (optional)

Akan lebih baik jika Anda aware dengan tanggal dan hari. Ini akan memudahkan Anda dalam menuliskan tanggal dan hari saat Anda membubuhkan tanda tangan. Para pembaca akan lebih senang jika tertera tanggal menyertai tanda tangan Anda.

Gunakan pena atau pulpen yang baik

Persiapkan pulpen yang berkualitas untuk sesi tanda tangan Anda. Sebaiknya bawa juga pulpen cadangan jika pulpen yang Anda pakai tiba-tiba macet atau habis tintanya. Buat persiapan sematang mungkin, sebab pulpen adalah barang yang terlihat sepele namun esensial.

Nah, setelah semuanya beres, B’timers tinggal persiapkan fisik yang fit dan pikiran jernih agar book signing berjalan lancar dan menyenangkan. Good luck.

Share This Article