Novel-Novel Best Seller yang ‘Ramalkan’ Masa Depan | Breaktime
Novel-Novel Best Seller yang ‘Ramalkan’ Masa Depan
10.08.2015

Ramalan atau juga prediksi merupakan salah satu hal yang sering dilakukan manusia mulai berpuluh-puluh tahun lalu. Bahkan, ada hal-hal yang tanpa sengaja terjadi tepat seperti yang pernah diucapkan atau dituliskan oleh seseorang.

Dalam hal ini, Breaktime akan menyuguhkan beberapa informasi tentang novel yang masuk kategori best seller dan berhasil ‘meramalkan’ beberapa kejadian yang terbukti beberapa tahun setelahnya:

The Narrative Of Arthur Gordon Pym Of Nantucket

Kini novel karya Edgar Allan Poe sudah dicetak ulang dalam beberapa bahasa
Kini novel karya Edgar Allan Poe sudah dicetak ulang dalam beberapa bahasa

Buku karangan Edgar Allan Poe ini menceritakan kisah fiktif tentang beberapa orang yang harus berjuang melawan keganasan lautan di dalam sebuah kapal karena tidak memiliki makanan. Dari 3 orang yang tersisa, salah satunya harus mengorbankan dirinya untuk menjadi makanan agar 2 orang sisanya dapat bertahan hidup.

Ternyata, apa yang dituliskan Poe pada tahun 1838 ini benar-benar terjadi pada tahun 1884 ketika sebuah yacht Mignonette yang berangkat dari Southampton, Inggris menuju Australia tenggelam. Empat orang selamat dari kejadian itu termasuk salah satu ABK berusia 17 tahun bernama Richard Parker, terombang-ambing di lautan menggunakan perahu penyelamat. Mereka harus berjuang melawan ganasnya ombak dan juga minum air seni sendiri serta makan daging Parker karena ketiganya sudah benar-benar kelaparan.

Futility, Or Wreck of the Titan

Novel ini diterbitkan pertama kali pada tanggal 1 Januari 1898, jauh sebelum Titanic tenggelam
Novel ini diterbitkan pertama kali pada tanggal 1 Januari 1898, jauh sebelum Titanic tenggelam

Pada tahun 1898, seorang penulis bernama Morgan Robertson pernah merilis sebuah novel fiksi dengan judul Futility, Or Wreck of the Titan. Novel yang sempat laris di pasaran tersebut menceritakan tentang sebuah perjalanan kapal laut terbesar di zamannya yang akhirnya tenggelam karena menabrak gunung es. Hanya segelintir orang saja yang selamat dari cerita tersebut dan ribuan orang meninggal dunia.

Pada tanggal 14 April 1912, sebuah kapal besar bernama RMS Titanic yang menurut pembuatnya adalah kapal terhebat sepanjang masa dan anti-tenggelam, ternyata tersungkur ke dasar lautan setelah menabrak gunung es pada malam hari. Ribuan orang meninggal dan hanya beberapa di antaranya yang selamat.

From the Earth to the Moon

Bahkan novel ini juga sudah dibuatkan versi seri TV-nya pada tahun 1998 dengan judul sama
Bahkan novel ini juga sudah dibuatkan versi seri TV-nya pada tahun 1998 dengan judul sama

Di tahun 1865, Jules Verne, seorang penulis novel pernah menerbitkan hasil karyanya berjudul From the Earth to the Moon. Dalam novelnya tersebut, Verne mengisahkan misi perjalanan manusia ke bulan yang ternyata benar-benar terjadi pada tanggal 16 Juli 1969, ketika Apollo 11 Command Module (Columbia) mengemban misi untuk mendarat di bulan.

The World Set Free

Ada yang menganggap bahwa karangan H G Wells di The World Set Free terkait dengan penciptaan bom atom/nuklir
Ada yang menganggap bahwa karangan H G Wells di The World Set Free terkait dengan penciptaan bom atom/nuklir

Kisah fiksi yang dikarang oleh H G Wells dan dipublikasikan pada tahun 1914 berjudul The World Set Free ini ternyata terbukti. Novel ini menceritakan tentang penggunaan senjata pemusnah massal berbahaya dan hal tersebut benar-benar terbukti ketika seorang ilmuwan bernama Leo Azilard menemuka reaksi berantai neutron yang dapat menghasilkan energi super dahsyat. Senjata pemusnah massal ini digunakan Amerika Serikat untuk meluluhlantakkan Kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang pada tahun 1942.

Menurut B’timers sendiri, apakah novel-novel tersebut dapat dikatakan sebagai ‘prediksi’ untuk masa depan ataukah hanya kebetulan semata?

Share This Article