Nonton Film vs Baca Buku, Mana yang Lebih Asyik? | Breaktime
Nonton Film vs Baca Buku, Mana yang Lebih Asyik?
14.07.2015
Books are uniquely portable magic—Stephen King

When everything goes boring, dengan mudah B’timers bisa meraih buku bacaan favorit untuk larut ke dalam dunia fantasi. Tak hanya itu, Anda pun bisa dengan mudahnya nonton sejumlah film baru yang pastinya bikin hari jadi lebih hidup. Meski sepintas menonton film tampak lebih menyenangkan, tapi ternyata membaca buku bisa jadi kegiatan pembunuh waktu yang seru, lho. Yuk, simak ulasannya!

Meningkatkan daya imajinasi

Tak dipungkiri kalau sejumlah film memang mampu tampil begitu epik tiada banding dengan kekuatan special effect-nya yang bikin pengen memberikan standingapplause. Namun, bukankah itu berarti daya imajinasi B’timers jadi dibatasi dengan imajinasi orang lain? Padahal, kalau membaca buku, barisan kata di dalamnya bisa jadi stimulus untuk memancing imajinasi yang lebih keren dan “liar” lagi, lho!

Mengasah kemampuan verbal

Membaca memang tidak langsung bisa menyulap Anda sebagai seorang pembicara handal. Namun, mereka yang lebih sering membaca rata-rata mampu mengekspresikan perasaannya lebih baik karena bisa menemukan banyak kosa kata yang pas.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Membaca buku bisa bikin konsentrasi bertambah
Membaca buku bisa bikin konsentrasi bertambah

Fokus memahami isi artikel atau lembaran buku pada awalnya memang sulit untuk dilakukan. Namun, setelahnya Anda akan mulai merasa tenggelam dalam bahan bacaan dan kemampuan fokus akan makin meningkat seiring lamanya durasi membaca.

Meningkatkan kepekaan sosial

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh NEA atau National Endowment For The Arts di tahun 2002 mengungkap bahwa orang yang gemar membaca lebih bisa menikmati waktunya dengan baik. Tak hanya itu, mereka juga lebih sering terlibat dalam aktivitas suka rela dan kegiatan amal lantaran banyak terinspirasi dari buku yang dibacanya.

Masih banyak lagi manfaat membaca buku lainnya yang bisa B’timers dapatkan. Setidaknya, ketika membaca Anda tak akan kelewatan satupun hal menarik dan bisa dinikmati di mana saja, meski tanpa koneksi listrik!

Share This Article