Mengungkap Napak Tilas Muhammad: A Biography of the Prophet | Breaktime
Mengungkap Napak Tilas Muhammad: A Biography of the Prophet
16.05.2015

Dalam kehidupan, aspek religi sudah melebur bersama kita sebagai manusia modern yang berkeyakinan terhadap Tuhan. Itu juga yang melatarbelakangi penulis best seller Karen Armstrong menjadi seorang religious author. Armstrong adalah seorang penulis senior kelahiran Inggris, 14 November 1944. 

Karya pertama yang menjadi titik awal karirnya ialah pada tahun 1993, sebuah buku berjudul A History of God: The 4,000-Year Quest of Judaism, Christianity and Islam. Tulisannya berfokus seputar religi pada umumnya, seperti pentingnya belas kasih terhadap sesama dan kaidah-kaidah keagamaan. Ketertarikannya mempelajari religi membuatnya dianugerahi sejumlah penghargaan lewat karya-karya menggugahnya.

Penghargaan pertama Armstrong diberikan oleh Muslim Public Affairs Council yakni Media Award. Armstrong yang mencintai seluk beluk religi juga menulis salah satu buku best seller, Muhammad: A Biography of the Prophet. Itulah hebatnya seorang Karen Armstrong, ia menjadi pemerhati hal-hal bernuansa religi yang mungkin masih dianggap tabu atau dihindari oleh sebagian besar orang.

Karen Armstrong mengupas stereotipe hubungan dunia Barat dan Islam
Karen Armstrong mengupas stereotipe hubungan dunia Barat dan Islam

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan orang Barat hanya tahu sangat sedikit saja tentang nabi Muhammad. Nah, Armstrong sang penulis religius mengungkap napak tilas Muhammad, dalam biografi yang bisa memberikan gambaran lebih akurat dan pengertian yang lebih mendalam tentang Islam, serta kaum pemeluk agama Islam yang begitu taat.

Selain itu, buku ini juga menguraikan perbedaan antara tiga religi monotheistic terbesar, yakni Islam, Kristen, dan Yahudi. Buku ini pun memberikan contoh yang relevan dari agama Budha dan Hindu. Tak hanya “berbicara” tentang Muhammad saja, di dalamnya juga mengupas konflik yang telah lama terjadi antara dunia Barat dengan dunia Islam.

Buku yang cerdas ini dengan gamblang membahas pengaruh sikap dunia Barat terhadap kaum Muslim di seluruh dunia, serta menjelaskan beragam sikap kaum Muslim modern terhadap dunia Barat di masa kini. Muhammad: A Biography of the Prophet pertama kali diterbitkan pada 1991 di Inggris, dan edisi terakhirnya terbit tahun 2001 di Kanada dan Inggris setebal 288 halaman.

Tidakkah B’timers penasaran dengan perspektif cerdas Karen Armstrong tentang Islam dan bagaimana ia menjabarkan biografi nabi Muhammad? Well, you can just read the book.

Share This Article