Mengenal Sosok Karl Marx, Filsuf Dunia Paling Kontroversial | Breaktime
Mengenal Sosok Karl Marx, Filsuf Dunia Paling Kontroversial
04.05.2015
“The past lies like a nightmare upon the present”
-Karl Marx-

B’timers tentunya tidak asing dengan pria yang sering dijuluki sebagai Bapak Komunisme bernama Karl Marx, bukan? Pria yang terkenal kontroversial dengan berbagai pemikirannya ini memang kerap menarik perhatian para cendekiawan baik muda maupun tua, terutama bagi mereka yang banyak bergelut di bidang ekonomi dan hukum.

Maka tak heran bila pendapatnya selalu dijadikan rujukan dalam berbagai literatur. Sosok pria kelahiran Trier, Kerajaan Prusia pada tanggal 5 Mei 1818 inilah yang kemudian menjadikan seorang politikus Inggris lulusan St. John’s College, Oxford University, David McLellan tertarik untuk membuat sebuah buku tentang biografi Karl Marx.

Maka di tahun 2006, lahirlah sebuah buku berjudul “Karl Marx: A Biography” yang menceritakan gambaran secara gamblang dan rinci seputar kehidupan dramatis yang dialami Marx serta berbagai pemikiran “radikal” yang dianutnya. Buku ini juga dilengkapi dengan informasi bibliografi sehingga ketika B’timers menemukan informasi menarik pada Karl Marx, Anda bisa melakukan penelusuran lebih mendalam.

Biografi Karl Marx ungkap banyak pemikiran dan kehidupan pribadinya
Biografi Karl Marx ungkap banyak pemikiran dan kehidupan pribadinya

Selain itu, buku setebal 512 halaman ini juga menceritakan kuatnya pengaruh pemikiran-pemikiran Marx pada para kaum intelektual dunia. Adanya revolusi Rusia dan China juga sebenarnya mengacu kembali pada ide-ide Marx. Tak hanya itu, serpihan pemikiran Marx ini juga banyak bertebaran pada cabang-cabang ilmu sosial dan kritik sastra.

B’timers juga akan diajak untuk sedikit mengintip tentang karya terpenting Marx yang terbit di tahun 1867 berjudul “Das Kapital” serta karya keduanya yang diterbitkan oleh Engels berjudul “The Communist Manifesto”. Semua catatan perjalanan dan karir Karl Marx ini ditata apik oleh David Mclellan selaku pakar Marxisme.

Bagi Anda yang berharap dapat menyibak kehidupan kontemporer masa kini lebih banyak, this classical biography is indispensable for anyone wishing to understand this modern world. 

Share This Article