Membaca Sendirian Memang Asyik, Tapi Membaca Berkelompok Jauh Lebih “Hidup” | Breaktime
Membaca Sendirian Memang Asyik, Tapi Membaca Berkelompok Jauh Lebih “Hidup”
03.08.2015

Membaca sendirian dalam “selimut” ketenangan memang sangat mengasyikkan. Namun, sensasi tak kalah seru juga akan B’timers dapatkan bila bergabung dengan reading group alias membaca berkelompok. Kok bisa? Berikut manfaat asyik yang bisa Anda dapatkan dari reading group:

Mencegah Anda “salah arah”

Terkadang, tak semua jenis bacaan mampu kita pahami dengan baik. Sejumlah bacaan dengan tema tertentu yang terasa asing, bisa jadi bikin Anda salah arah dalam memahaminya. Namun dengan adanya teman dalam satu lingkar membaca, mereka yang memahami konteks bacaan dengan baik dapat saling berbagi ide untuk meluruskan kebingungan yang ada.

Meluaskan pengetahuan

Saling berbagi feedback saat reading group bisa memperluas pengetahuan
Saling berbagi feedback saat reading group bisa memperluas pengetahuan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Goldenberg, seorang profesor psikologi agama di University of Ottawa,  membaca berkelompok akan merangsang pengetahuan Anda jadi lebih luas. Kesempatan untuk mendapatkan feedback dari anggota lain dan tenaga pengajar jadi lebih besar sehingga tak terpaku hanya dari satu sudut pandang saja.

Menambah perbendaharaan kata

Membaca dan kemudian mendiskusikannya dengan teman satu kelompok juga bisa membuat kosa kata B’timers bertambah. Sejumlah kata asing yang selama ini jarang digunakan bisa menjadi begitu familiar ketika berulang kali dilontarkan saat diskusi.

Meningkatkan perhatian pada hal-hal kecil

Reading group membantu Anda fokus pada hal kecil
Reading group membantu Anda fokus pada hal kecil

Seringkali hal-hal kecil dalam membaca seperti latar belakang budaya penulis atau setting cerita dalam buku, luput dari perhatian pembaca. Namun dengan adanya grup membaca, Anda bisa memperhatikan unsur-unsur kecil yang sebenarnya sangat penting ini, dengan lebih detil.

Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan

Hal yang paling menguntungkan dari reading group adalah B’timers bisa lebih mudah untuk mengidentifikasi apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan dalam membaca. Bisa jadi selama ini Anda tergolong cepat untuk menyelesaikan satu buku dalam waktu sekian jam, tapi melewatkan sejumlah informasi akurat yang menjadikan Anda mudah lupa tentang intisari bacaan.

Mulai sekarang, tak ada salahnya bila sesekali B’timers keluar dari comfort zone sebagai silent reader. Menjajal pengalaman baru dengan bergabung atau membentuk reading group akan mewarnai hidup Anda dengan berbagai hal seru.

Share This Article