Masih Berpikir Hobi Membaca Itu Tak Keren? Simak Info Berikut | Breaktime
Masih Berpikir Hobi Membaca Itu Tak Keren? Simak Info Berikut
20.08.2015
"We should read to give our souls a chance to luxuriate." - Henry Miller

Adakah di antara B’timers yang masih berpikir membaca buku merupakan hobi yang kuno? Well, tampaknya Anda harus segera mengubah pendapat tersebut. Di dalam buku, banyak sekali ilmu pengetahuan baru yang bisa Anda cari tanpa harus berpetualang ke tempat yang jauh. Selain bisa menambah ilmu pengetahuan, membaca buku juga memberikan berbagai manfaat seperti berikut ini:

Membaca merupakan olahraga untuk otak

Membaca buku sangat bagus untuk menumbuhkan jaringan otak baru
Membaca buku sangat bagus untuk menumbuhkan jaringan otak baru

Proses membaca merupakan pekerjaan atau kegiatan yang lebih kompleks dibandingkan dengan menonton televisi. Dengan membaca secara teratur, Anda akan memperkuat hubungan antar jaringan otak sehingga bisa membuat memori tetap terjaga. Selain itu, membaca bisa membentuk jaringan baru yang sangat bermanfaat untuk otak.

Membaca meningkatkan konsentrasi

Ketika membaca, mau tidak mau Anda dituntut untuk diam sejenak memahami tema dari buku yang sedang dipelajari. Nah, dengan cara ini, Anda akan lebih mudah memfokuskan diri untuk melakukan sesuatu. Kemampuan konsentrasi Anda akan meningkat secara drastis setiap harinya.

Membuat tubuh jadi lebih santai

Karena kesibukan yang menumpuk setiap harinya, kadang Anda jadi kesulitan memperoleh ketenangan. Nah, dengan membaca buku, Anda bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan jauh dari yang namanya stres.

Menambah kosakata

Menambah banyak kosa kata baru hanya dengan membaca buku
Menambah banyak kosa kata baru hanya dengan membaca buku

Jika Anda sedang belajar sebuah bahasa baru, sangat disarankan untuk lebih banyak membaca. Secara otomatis, tanpa Anda sadari akan banyak kosa kata baru yang bisa dikuasai. Membaca buku juga membantu Anda mengingat kata-kata yang baru dipelajari dalam bahasa asing.

Nah, setelah mengetahui manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membaca, yuk segera perbanyak koleksi buku di perpustakaan pribadi. Jangan biarkan kesibukan menyita waktu Anda untuk bersenang-senang dengan buku!

Share This Article