“The Fat Years”, Menyibak 1 Bulan Hilangnya Rekam Pemerintahan | Breaktime
“The Fat Years”, Menyibak 1 Bulan Hilangnya Rekam Pemerintahan
18.02.2015

Banned in China, this controversial and politically charged novel tells the story of the search an entire month that erased from official Chinese history. Yap, adalah novel berjudul “The Fat Years” karya Chan Koonchung yang pertama diterbitkan pada bulan Oktober 20009 dan dicetak ulang pada bulan Januari 2012.


Novel setebal 320 halaman ini merupakan sebuah kombinasi dari autobiografi, polemik, thriller, serta kritik that makes it somewhat feels awkward to read. Namun, kehebatan Chan dalam menuangkan kedalam renuangannya ke dalam karya novel kontroversial sekaligus legendaris satu ini benar-benar patut untuk diapresiasi.


Tokoh utama dalam novel Chan ini bernama Old Chen yang suatu hari merasa aneh dengan kondisi sebagian masyarakat yang sangat euforia dengan rasa bahagia. Pasca krisis global ekonomi ke dua, China mampu tampil sebagai satu-satunya negara yang dapat berdiri tangguh, baik dalam ranah finansial maupun sosial.


Akan tetapi, Chen menemukan keganjilan. Ia merasa bahwa masyarkat China kehilangan satu bulan penting yang merupakan periode antara economic collapse and the beginning of “China’s Golden Age of Ascendancy.” Is it mere forgetfulness or is it a government conspiracy?


Tak hanya Chen, Little Dong pun juga merasakan keganjilan yang tak dirasakan banyak orang lainnya. Dalam percakapannya, Dong melakukan maneuver sindiran tajam dan cerdas atas menghilangnya rekam sejarah pemerintahan selama sebulan dengan berujar “Today, a normal person doesn’t remember. Those of us who remember are the abnormal ones.”


Dalam novel klasik ini, Chan seakan mengajak Anda untuk memahami fenomena baru yang terjadi dalam kehidupan modern China tentang “pemelintiran fakta”  yang masih kerap terjadi sama di saat zaman lampau, sekalipun saat ini China telah dikepung dengan luasnya akses informasi.


This novel is a kind of brave new world reflecting China of our times. The fat Years is a complex novel of ideas that reveals all the machinations of the postmodern totalitarian state.

 

Share This Article