“The Cuckoo’s Calling”, Novel Detektif ala J.K. Rowling | Breaktime
“The Cuckoo’s Calling”, Novel Detektif ala J.K. Rowling
21.04.2015

Setelah menjajal genre baru dengan menulis kisah penyihir fantasi “Harry Potter” dan gabungan kisah tragis dan komedi “Casual Vacancy”, J.K. Rowling kembali menyedot animo masyarakat melalui karya terbarunya yang bergenre detektif, “The Cuckoo’s Calling”.

Novel kriminal yang ditulis J.K. Rowling dengan menggunakan nama pena Robert Galbraith ini benar-benar dikemas secara unik, apik, dan menarik. Awalnya, J.K. Rowling ingin “menciptakan” sosok Galbraith yang keberadaannya dipercaya sebagai sosok nyata.

Galbraith diceritakan sebagai mantan penyelidik rahasia yang menceritakan kisah terbunuhnya seorang super model bernama Lula Landry. Kakak angkat Lula, John Bristow, yang yakin bahwa Lula tewas karena terbunuh akhirnya menyewa jasa detektif paruh waktu bernama Cormoran Strike.

Pria detektif yang juga seorang veteran perang berkaki satu inilah yang menjadi tokoh utama dalam novel fantasi Robert Galbraith alias J.K. Rowling. Awalnya, Cormoran merasa tak berminat menangani kasus ini, tapi karena himpitan ekonomi yang sedang dialaminya, akhirnya sang detektif ini pun turun tangan.

Setelah berhasil mengorek informasi dari orang-orang yang pernah berhubungan dengan Lula sebelum sang gadis tersebut meninggal, perlahan Cormoran berhasil menemukan potongan informasi seputar misteri kematian supermodel ternama itu.

Novel detektif ala J.K. Rowling
Novel detektif ala J.K. Rowling

Selain tersedia dalam versi aslinya yang berbahasa Inggris dengan tebal 455 halaman, novel detektif ala J.K. Rowling ini juga telah digubah ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Dekut Burung Kukuk” setebal 520 halaman.

Arti The Cuckoo’s Calling dalam buku ini sebenarnya memiliki makna berlapis-lapis yang sebenarnya mengarah pada kepribadian Luna. Sebagai contoh, dalam bahasa Inggris, Cukcoo juga dikenal sebagai bahasa slang dari orang gila dan tokoh Luna sendiri digambarkan sebagai seorang gadis yang menderita bipolar.

Well,  masih banyak lagi keseruan dibalik penamaan judul The Cuckoo’s Calling serta misteri yang sebenarnya terjadi dalam kasus pembunuhan Luna. Bagi Anda penggemar semua karya-karya J.K. Rowling, don’t miss this precious book!

Share This Article