“Fatherland”, an Absorbing Comic of a Serbian Fanatic | Breaktime
“Fatherland”, an Absorbing Comic of a Serbian Fanatic
05.02.2015

“Fatherland”, sebuah komik terbaru yang mengusung aliran mirip dengan Marjane Satrapi, seorang novelis grafis asal Iran, telah mulai beredar sejak tanggal 19 Januari 2015 kemarin. Bila B’timers mencari bacaan yang menyentuh ranah sejarah-politik, komik karya Nina Bunjevac ini layak menjadi pilihan.

Komik karya Nina ini menyuguhkan berbagai potongan kisah kerusuhan sejarah yang banyak terjadi di Serbia tahun 1940-an. Rangakaian peristiwa yang ada di Kanada, negara yang sempat menjadi pelarian ibu dan dua orang saudara Nina akan menjadi bagian pengawal dalam komik ini.

Selebihnya, komik ini akan membawa B’timers untuk flashback ke sejumlah peristiwa yang terjadi di Serbia dan masa-masa muda Ayah Nina, Peter. Ia merupakan pria Serbia yang sangat fanatik terhadap nasionalisme dan sangat membenci Josip Broz Tito serta seluruh simpatisannya.

Dalam karyanya ini, Nina sangat tertarik untuk melacak asal mula yang menyebabkan ayahnya menjadi seorang ekstrimis. Namun dalam pencariannya itu, Nina juga menemukan fakta unik bahwa keluarga ibu Nina yang berkebangsaan Kroasia ternyata memiliki pandangan politik yang jauh berbeda dengan apa yang dimiliki oleh keluarga ayahnya.

Selanjutnya, Nina akan membawa B’timers untuk berpetualang menapaki masa muda Peter. Di tahun 1941, ketika the Axis, negara-negara yang bergabung untuk melawan Perang Dunia II, melakukan penyerbuan ke Yugoslavia.

Sebagai warga Serbia minoritas yang berada di negara Kroasia, ayah Peter, Djuro, dideportasi ke Jasenovac, sebuah kemah konsentrasi yang dibangun oleh pemerintahan Nazi dan selanjutnya ia dipanggang di dalam oven.

Peter muda yang telah banyak menyaksikan banyak kekerasan tumbuh menjadi pemuda yang sadis dan di luar kendali hingga akhirnya ia dipenjara di Manitoba karena menjadi mata-mata berbahaya.

Di usianya yang ke-17, Peter kemudian ingin memulai hidup baru dan menikahi ibu Nina di Kanada. Namun, ternyata Peter tak mampu melupakan paham politiknya dan kembali bergejolak untuk bergabung dengan pasukan nasionalis Serbia lokal.

Dalam komik ini, Nina berhasil merangkaikan peristiwa kerusuhan kompleks yang terjadi di Serbia menjadi sebuah cerita yang menghasilkan pemahaman utuh bagi para pembacanya. Komik yang ditampilkan dalam konsep monokrom dan menggunakan cross-hatching serta teknik pointillist ini akan memberikan aura baru pada khazanah Anda di masa historis Perang Dunia II.

Share This Article