Ketika Sebuah Perusahaan Kecil Korea Menjelma Jadi Raksasa | Breaktime
Ketika Sebuah Perusahaan Kecil Korea Menjelma Jadi Raksasa
29.04.2015
"Perhaps the greatest happiness in the world comes realizing one's purpose in life"
-Ho-Am Byung-chull Lee-

Setelah Nokia, BlackBerry, Apple dengan iPhone dan iPad-nya, tentu B’timers tak asing dengan berkibarnya Samsung di Tanah Air yang mengelurkan berbagai jajaran Galaxy-nya. Harus diakui bahwa kepopuleran Samsung di Tanah Air memang tidak bisa lepas dari kehebatan sisi marketing, produksi, dan publikasinya yang mengagumkan.

Nah, bagi Anda yang memang menjadi penggemar berat produk Samsung, Breaktime memiliki rekomendasi buku menarik dan wajib baca berjudul, “Samsung Electronics and the Struggle for Leadership of the Electronics Industry.”

Samsung yang awalnya hanya merupakan perusahaan keluarga dan bertaraf kecil, pada akhirnya berhasil menjelma menjadi salah satu perusahaan raksasa dan multi-nasional yang sudah menancapkan landing bisnisnya di 58 negara seluruh dunia dan memiliki lebih dari 200 ribu pekerja. Semua kesuksesan ini juga tak lepas dari keteguhan dan kegigihan para pemimpin di setiap divisi. 

Dalam buku “Samsung Elecrtronics” ini, B’timers diajak untuk ‘menjelajah’ masa lalu perusahaan asal Korea Selatan ini dan mengetahui sejarah atau awal pembuatannya sampai pada akhirnya mereka mampu melejit dan bersaing ketat dengan Sony sebagai perusahaan pembuat produk-produk elektronik terkenal di dunia.

Samsung Electronics
Samsung Electronics

Buku yang dirilis perdana pada tanggal 30 Juni 2010 dengan tebal 256 halaman ini selain memperkenalkan seperti apa itu Samsung Electronics di masa perintisannya juga menyuguhkan beberapa inspiratif cerita sang pendiri Samsung, Ho-Am Byung-chull Lee, yang dapat diadopsi untuk mencapai kesuksesan yang sama.

Selain itu, buku ini juga membeberkan tentang strategi bisnis perusahaan, hubungan antara Samsung Electronics dan Samsung Group, branding, sampai dengan masuknya perusahaan ini dalam dunia digital dan mobile.

Anthony Mitcell selaku penulis juga membeberkan setiap individu yang berjasa dalam mengangkat nama baik perusahaan, baik itu Samsung Electronics, Samsung Mobile, maupun pihak perseorangan dari Samsung Group seperti Eric Kim, Jong-Yong Yun selaku CEO Samsung Electronics, serta Lee Kun-Hee sebagai chairman dari Samsung Group.

Tentunya dengan membaca buku yang masuk dalam daftar “Best of The Month” versi Amazon dengan 5 rating ini, akan ada banyak pelajaran dan filosofi hidup plus bisnis yang sangat berguna bagi B’timers yang juga ingin meniti kesuksesan besar. Tertarik untuk menelusuri setiap jengkal tulisannya?

Share This Article