Ini Nasihat Pemenang Man Booker Prize 2014 untuk Newbie Writer | Breaktime
Ini Nasihat Pemenang Man Booker Prize 2014 untuk Newbie Writer
07.08.2015
“If you want to be a writer, you must do two things above all others: read a lot and write a lot.”
― Stephen King

Man Booker Prize merupakan salah satu penghargaan dalam bidang sastra Inggris yang diberikan setiap tahun, sejak 1969. Awalnya, penghargaan ini hanya bisa diperoleh para penulis yang berada di bawah naungan persemakmuran Inggris, Irlandia, dan juga Zimbabwe. Namun sejak tahun 2014 lalu, Man Booker Prize juga berpeluang diraih oleh para penulis dari seluruh dunia untuk berpartisipasi.

Baca Juga : KEBIASAAN ANEH PARA PENULIS TERKENAL, DARI TELANJANG SAMPAI LIHAT ORANG MATI

Untuk tahun 2015 ini, para kandidat juara telah diumumkan dan pemenangnya akan diketahui pada tanggal 13 Oktober 2015 mendatang. Para juri yang terlibat dalam penilaian antara lain Ellah Allfrey, John Burnside, Sam Leith, and Frances Osborne.

Nah, kalau kita sedikit flash back ke tahun 2014 kemarin, ada nama Richard Miller Flanagan yang berhasil meraih penghargaan Man Booker Prize lewat bukunya The Narrow Road to the Depth North, terbitan Chatto & Windus.

Richard Miller Flanagan dan buku karyanya, The Narrow Road to the Depth North
Richard Miller Flanagan dan buku karyanya, The Narrow Road to the Depth North

Ia dinobatkan sebagai pemenang Man Booker Prize 2014 oleh ketua juri penyelanggara, AC Grayling di London. Dengan kemenangannya tersebut, Flanagan dihadiahi sebuah tropi dari HRH The Duchess of Cornwall dan sejumlah uang.

Menjadi pemenang Man Booker Prize membuat karyanya laris manis di pasaran. Banyak orang penasaran dengan berbagai hal yang berkaitan dengan Flanagan, tak terkecuali ingin mencontek rahasia menulis sang jawara.

Tapi tanpa perlu bersusah payah mencari tahu, Flanagan dengan senang hati membagi rahasia menulisnya yang ternyata sangat sederhanya, yaitu:

  • Cari tempat yang tenang dan nyaman.
  • Kosongkan semua barang dalam ruangan agar fokus. Flanagan bahkan menyingkirkan furniture, buku, dan juga berbagai ornamen di dalam ruang menulisnya.
  • Tenggelamlah’ dalam naskah yang Anda tulis.

Flanagan mengaku hanya membutuhkan imajinasi, laptop, dan juga segenap tenaga untuk menghasilkan sebuah karya luar biasa. Nah, itulah tips menulis dari pemenang Man Booker Prize tahun 2014, bagaimana dengan proses kreatif Anda, B’timers?

Share This Article